web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Dinas KKP KBB Yakin Surplus Beras Tercapai
    net

    Dinas KKP KBB Yakin Surplus Beras Tercapai

    • Rabu, 13 September 2017 | 23:11:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung Barat – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan KBB menargetkan proyeksi kebutuhan beras tahun ini sebanyak 159.591 ton. Namun sampai Juni 2017 produksi beras di Kabupaten Bandung Barat sendiri baru berjumlah 111.459 ton.

    Kepala Dinas PKP Bandung Barat Ida Nurhamida mengatkaan, meski begitu dirinya meyakini bahwa swasembada pangan dapat terwujud. Bahkan produksi beras di Bandung Barat bisa surplus.

    “Sejak pemekaran daerah pada 2007, Bandung Barat selalu berhasil menciptakan swasembada pangan bahkan produksi selalu surplus termasuk tahun ini pun pasti tercapai,” kata Ida.

    Dia menyebutkan sejak Bandung Barat eksis sampai sekarang, swasembada beras itu sudah tercapai. Bahkan, pada 2009 dan 2010 Bupati Abubakar mendapat penghargaan langsung dari Pak Presiden, karena program peningkatan beras nasional. “Jadi, setiap tahun itu peningkatan bisa lebih dari 5%," ucapnya.

    Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional, dia menyebutkan, produksi beras pada 2016 produksi beras di Bandung Barat ialah sebanyak 162.409 ton. Adapun konsumsi beras di Bandung Barat pada 2016 sebanyak 100 kilogram per tahun per kapita. Ida mengklaim, para petani di Bandung Barat juga telah mengalami peningkatan kesejahteraan.

    "Petani di Bandung Barat sudah meningkat kesejahteraannya. Ini diukur dari nilai tukar petani. Nilai tukar petani di Bandung Barat itu sekitar 135%. Artinya, petani sudah mampu, suda di atas 100%,” pungkasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Fenomena Equinox Membuat Suhu Udara Lebih Panas
    165 Desa di KBB Ditargetkan Bisa Miliki Website
    Aksi Solidaritas terhadap Rohingya Terus Meluas
     Wisatawan ke KBB Minim akibat Infrastruktur Buruk
    Fraksi Hanura Tolak Pembangunan Gedung DPRD KBB
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018