web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

     Ada Pungli di Stone Garden, Wisatawan Jadi Ogah
    net

    Ada Pungli di Stone Garden, Wisatawan Jadi Ogah

    • Rabu, 13 September 2017 | 23:10:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung Barat - Jalur masuk ke objek wisata Stone Garden di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat marak praktik pungli. Akibat kondisi tersebut membuat sebagian wisatawan kapok untuk berkunjung ke tempat ini.

    Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pasir Pawon Sukmayadi menyebutkan, pada 2015 kunjungan wisatawan ke Stone Garden mencapai 173.000 orang. Akan tetapi, pada 2016 jumlahnya justru turun menjadi 67.000. “Penyebab penurunan itu salah satunya karena praktik pungli itu,” tuturnya, Rabu (13/9/2017).

    Menurutnya kunjungan wisatawan pada awal berdiri sebetulnya luar biasa. Namun, pada tahun kedua kunjungannya malah mengalami penurunan drastis. Ada beberapa faktor yang jadi penyebabnya, salah satunya ialah pungli terhadap kendaraan yang mau masuk.

    Dengan tiket masuk Stone Garden sebesar Rp 5.000 per orang, menurut dia, pungli yang dilakukan masyarakat di jalur masuk Stone Garden bisa lebih besar, terutama ketika musim liburan. Biasanya, pengguna sepeda motor ditarik pungutan Rp 5.000, sedangkan pengguna mobil dimintai Rp 10.000.

    "Mungkin pungli tersebut dianggapnya sebagai kontribusi atas tanah yang dipakai jalan. Hanya memang itu dikeluhkan oleh wisatawan, karena jadinya harus beberapa kali membayar,” tuturnya.

    Agar membuat wisatawan nyaman, Sukmayadi mengaku telah memusyawarahkan persoalan tersebut, termasuk dengan aparat kepolisian, pihak desa, dan kecamatan. Walaupun sudah ada kesepakatan bersama, namun pungli itu ternyata kembali dilakukan masyarakat. “Selain pungli, kondisi jalan masuk ke Stone Garden yang belum diaspal juga ikut menurunkan daya tarik wisatawan,” tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Fenomena Equinox Membuat Suhu Udara Lebih Panas
    165 Desa di KBB Ditargetkan Bisa Miliki Website
    Aksi Solidaritas terhadap Rohingya Terus Meluas
     Wisatawan ke KBB Minim akibat Infrastruktur Buruk
    Fraksi Hanura Tolak Pembangunan Gedung DPRD KBB
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018