web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Yusril: Perbuatan Buni Yani tak Ada Unsur Pidana
    net Yusril saat bersaksi di sidang Buni Yani

    Yusril: Perbuatan Buni Yani tak Ada Unsur Pidana

    • Rabu, 13 September 2017 | 06:52:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pakar hukum Prof Dr Yusril Ihza Mahendra menilai perbuatan Buni Yani saat mengunggah potongan video mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, saat kunjungan ke Kepulauan Seribu, tidak memiliki unsur pidana.

    Hal itu ditegaskan Yusril saat menjadi saksi ahli pada sidang ke-13 Buni Yani yang digelar Gedung Kearsipan Kota Bandung, Selasa (12/9/2017). Yusril mengatakan perbuatan Buni Yani mengandung unsur pidana jika Buni Yani mengunggah video yang bersifat rahasia.

    "Orang kemudian upload sesuatu yang diubah isinya bisa dipidana, tapi itu terkait (pasal 32) ayat 3 (UU ITE). Ayat 3 itu kalau sesuatu bersifat rahasia. Kalau bersifat rahasia diupload, kemudian diubah itu yang bisa dipidana," kata Yusrilkepada wartawan.

    Mantan Menkumham ini juga mengatakan video yang diunggah Buni Yani merupakan potongan dari video yang bersifat publik yang telah diunggah Pemprov DKI Jakarta. Karena bersifat untuk publik, semua orang pun kemudian bisa mengacu pada sumber aslinya setelah melihat video yang diunggah Buni Yani.

    "Perbuatan yang dilakukan Buni Yani tidak meng-upload dari sesuatu yang sumbernya bersifat rahasia, misalnya milik Kementerian Pertahanan atau milik Mabes TNI, Mabes Polri, atau kesekretariatan negara," ujarnya.

    Dalam sidang kali ini, Yusril dihadirkan kuasa hukum Buni Yani untuk memberikan keterangan sebagai saksi ahli teori hukum. Dia memberikan pandangan mengenai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik :Pasal 28 dan Pasal 32 yang dikenakan pada terdakwa Buni Yani. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    360 PTS di Indoensia Tutup sejak 2015
    2019, Pemprov Janjikan Banjir Rancaekek Teratasi
    Mobil Listrik Evhero buatan Itenas Diluncurkan
    Divonis 1,5 Tahun Penjara, Buni Yani tak Ditahan
    Pradita Institute Jalin Kerja Sama dengan STPB
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018