web stats service from statcounter

Hot News

  • Dana Desa Bisa Ciptakan 15 Juta Lapangan Kerja
    Dana Desa Bisa Ciptakan 15 Juta Lapangan Kerja
    • 21 November 2017 | 06:48:00 WIB

    MENTERI Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo yakin mulai tahun depan Dana Desa akan dapat menciptakan jutaan lapangan kerja.

Inspirasi

    Pemalsuan STNK Rugikan Negara Ratusan Miliar
    juaranews Kapolda Jabar menunjukkan barang bukti STNK palsu

    Pemalsuan STNK Rugikan Negara Ratusan Miliar

    • Rabu, 13 September 2017 | 01:40:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaranNews, Bandung - Direskrimum Polda Jabar Kombes Pol Umar Fana mengatakan, sindikat pemalsu STNK khusus motor dan mobil mewah ini telah beraksi selama 5 tahun, sejak 2012. STNK palsu buatan sindikat yang dipimpin Urip Hamzah Said itu, telah mencetak ribuan lembar dan dipesan pemilik motor dan mobil mewah di seluruh Indonesia.

    "Anggota juga menyita 26 unit sepeda motor besar dan tiga unit mobil mewah. Semua kendaraan ini bodong, tidak membayar pajak, dan hasil selundupan," kata Umar saat ekspose kasus mendampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Jalan Siekarno Hatta Kota Bandung, Selasa (12/9/2017).

    Memurut Umar, kasus ini bukan sekadar pemalsuan surat kendaraan atau melanggar Pasal 263 KUHPidana, melainkan terkait kerugian negara. Ada beberapa pajak yang tidak penuhi oleh pemilik. Seperti pajak impor yang diatur oleh Undang-Undang Kepabeanan, PPn, PPh, dan pajak barang mewah ini tidak dibayar.

    Kemudian pajak yang harus dibayar tiap tahun berupa pendapatan negara nonpajak. Seharusnya, motor besar mewah wajib bayar pajak Rp5 juta dan mobil mewah Rp10 juta per tahun.

    "Asumsi kami selama 5 tahun. Pengakuan para tersangka dalam satu tahun, mereka memproduksi 900-1.000 STNK. Tetapi dari data digital komputer tersangka, sindikat ini telah membuat kurang lebih 1.200 STNK palsu. Dengan asusmsi 1.000 lenbar, berarti dalam satu tahun negara kehilangan Rp5 juta dikali 1.000 STNK palsu dikali 5 tahun, negara rugi Rp25 miliar. Ditambah dengan pajak lain yang tidak dibayarkan, kerugian negara akibat kasus ini mencapai ratusan.miliar," papar Umar.

    Menurut Umar, jumlah kerugian negara tersebut kemungkin bertambah, karena pihaknya masing melakukan pengembangan kasus ini berlanjut terus. "Karena ada STNK palsu yang sudah jadi dan digunakan oleh pemilik kendaraan mewah di kota-kota lain. Kami juga masih mengejar 2 orang Iyan dan Yudin yang kini buron," tutur Direskrimum. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    360 PTS di Indoensia Tutup sejak 2015
    2019, Pemprov Janjikan Banjir Rancaekek Teratasi
    Mobil Listrik Evhero buatan Itenas Diluncurkan
    Divonis 1,5 Tahun Penjara, Buni Yani tak Ditahan
    Pradita Institute Jalin Kerja Sama dengan STPB
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018