web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pakai Kantong Plastik, Didenda Rp500 Juta

    Pakai Kantong Plastik, Didenda Rp500 Juta

    • Selasa, 12 September 2017 | 22:11:00 WIB
    • 0 Komentar

    Sampah plastik dianggap sebagai musuh bersama. Sebab, plastik tak bisa diurai oleh organism tanah. Negara-negara maju telah menerapkan larangan penggunaan kantong plastik. Di Indonesia, penerapan larangan kantong plastik masih setengah hati.

    Berbeda dengan Pemerintah Kenya. Demi memerangi sampah plastik, pemerintah negara di Afrika ini menerapkan denda yang tak tanggung besarnya bagi pelanggar, yakni USD38.000 atau setara Rp500 juta. Kebijakan ini diambil untuk membantu melindungi lingkungan di Benua Hitam tersebut.

    Pasalnya, berdasarkan penelitian, warga Kenya menggunakan 24 juta kantong plastik per bulan. Jadi bisa dihitung, berapa besar kantong plastik yang terkumpul selama satu tahun. Di tempat pembuangan sampah Kenya, tumpukan sampah plastik menggunung di setiap tempat.

    Menteri Lingkungan Hidup Kenya Judi Wakhungu mengatakan, kantong plastik membutuhkan waktu antara 20 hingga 1.000 tahun untuk bisa terurai. "Kantong plastik merupakan tantangan terbesar bagi pengelolaan limbah padat di Kenya. Ini menjadi mimpi buruk bagi lingkungan," kata Judi.

    Selain Kenya, negara di Afrika lain yang memberlakukan larangan kantong plastik adalah Rwanda, Mauritania, dan Eritrea. Namun sayang, kebijakan larangan plastik di Kenya berdampak buruk bagi 80.000 pekerja di pabrik kantong plastik. Mereka terancam kehilangan mata pencaharian. (*) 

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gitar Listrik dari Lego
    Ikan Hiu Ini Menyala Dalam Gelap
    Pakistan Girl, Kampanye Perangi Korupsi
    Asyik Lihat GPS, Pria dan Mobilnya Masuk Sungai
    Penggemar Ular Tewas di Tangan Piaraannya
    Berita Terdahulu

    Editorial