web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Lahan Pertanian di Sukabumi Dibiarkan Tak Digarap
    net

    Lahan Pertanian di Sukabumi Dibiarkan Tak Digarap

    • Selasa, 12 September 2017 | 02:34:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sukabumi – Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi terus menginventarisasi lahan pertanian yang kekeringan. Diperkirakan lebih dari lima belas ribu hektar  lahan pertanian di wilayah Sukabumi selatan yang kini tidak ditanami padi.

    Areal lahan pertanian tadah hujan itu sudah dua bulan terakhir ini dibiarkan tidak digarap  untuk mengantisipasi kerugian lebih besar.

    “Banyak laporan kekeringan lahan pertanian diselatan Sukabumi.  Hanya saja, kami masih melakukan serangkaian inventarisir jumlah lahan pertanian dampak kekeringan ini,” ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina disela-sela penerimaan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo di Komplek Penggilingan padi modern PT Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) Pangan, Koperasi Arrahmah, di Kampung Cibeureum Pangkalan, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja,

    Dia mengatakan  lahan pertanian yang kekeringan menyusul belum turunnya hujan tidak hanya ada di Kecamatan Ciemas, tapi serupa terjadi di wilayah Kecamatan Tegal Buleud, Sagaranten, Nyalindung,  dan Kecamatan Pabuaran, dan Jampang  Tengah. Kekeringan terjadi di lahan pertanian yang didominasi areal pertanian tadah hujan.

    “Sebagian besar petani dalam  posisi tidak menggarap lahan pertaniannya. Apalagi hampir sebagian besar sungai yang memasok air untul lahan pertanian  kering,” kata dia.

    Kendati tidak terlalu  mengkhawatir, kata Dedah Herlina,  karena para petani di wilayah selatan sudah paham mengambil langkah ketika terjadi kekeringan. Tapi untuk mengantipasi petani lama menganggur, telah dihimbau untuk bercocok tanam palawija.

    “Para  petani di selatan sudah paham ketika terjadi kekeringan. Mereka  mengganti tanaman padi dengan palawija, seperti jagung atau kacang kedelai,” imbuhnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Perindo Dukung Pasangan Dua DM
    Dirasa Masih Aman, Bulog Cianjur Belum Gelar OP
    Tujuh Pejabat Eselon II Pemkab Ciamis Dimutasi
    Pergerakan Tanah Ancam Empat Desa di Kuningan
    Jangan Anggap Wajar Permintaan Mahar Parpol
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Senin bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2018, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

      Advertisement On Google