web stats service from statcounter

Hot News

Gedung Sate

    Inspirasi

      Ketua PKB: Koalisi Demokrat-PPP-PAN Masih Cair
      net Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda

      pilgub jabar

      Ketua PKB: Koalisi Demokrat-PPP-PAN Masih Cair

      • Selasa, 12 September 2017 | 01:44:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda menanggapi santai kabar adanya poros baru pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 yang dilakukan Parpai Demokrat, PPP, dan PAN.

      Menurut Syaiful, koalisi partai dalam pelaksanaan Pilkada sah-sah saja dalam demokrasi. Apalagi untuk mengusung pasangan calon dibutuhkan koalisi, khususnya bagi parpol yang kursinya kurang dari syarat pencalonan. Syaiful pun menghargai pihak PAN, PPP dan Demokrat yang membuat poros baru.

      "Nggak ada masalah, karena ini demokrasi. Tapi saat yang sama saya yakin koalisi ini masih cukup cair, belum permanen," ujar Syaiful Huda, Senin (11/9/2017).

      Syaiful mengungkapkan, selain perlu berkoalisi, ketiga partai pun memerlukan figur yang kuat untuk bertarung pada Pilkada serentak 2018 tersebut. Dan menurut Syaiful, sosok tersebuat ada pada diri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang telah resmi didukung partainya dan Partai Nasdem.

      "Dalam kompetisi ini perlu figur juga. Karena itu kami yakin Kang Emil bisa menjadi figur yang menjadi magnet. Dalam hal ini bisa mencairkan koalisi-koalisi yang sudah terbentuk tersebut," tandas Syaiful.

      Koalisi-koalisi yang ada saat ini, jelas Syaiful, masih dalam bentuk penjajakan dan mencari siapa calon terkuat yang bisa diusung. Bahkan menurutnya, ketiga partai tersebut masih ragu untuk mengusung siapa. Karena dalam beberapa keterangan, pihak Demokrat tidak menutup kemungkinan akhirnya berkoalisi dengan partai yang mengusung Emil pada Pilgub nanti.

      Poros baru di Pilgub Jabar yang diisi Demokrat, PPP, dan PAN sendiri baru disepakati ketiga pimpinan parta tersebut pada Jumat (8/9/2017) malam di Kantor DPW PAN Jabar, Jalan Ibrahim Adjie Kota Bandung. Jika ketiga partai tersebut bersama, peroleh kursi mereka di DPRD Jabar cukup untuk mengusung pasangan calon. Demokrat memiliki 10 kursi, PPP 10, dan PAN 2, atau menjadi 22 kursi sehingga berhak mengusung pasangan calon.

      Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Sulandjana mengatakan, koalisi ketiga partai berencana mencari kandidat bakal calon gvubernur dan calon wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilgub nanti. Nama calon gubernur tersebut di luar 3 nama yang saat ini sudah ada, yakni Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi.

      "Kita melihat itu figur di Jawa Barat masih banyak. Makanya kita bersepakat membuat wadah yang bisa dipakai siapa saja nanti yang menurut kriteria kita pantas untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur. Kesempatan dibuka lebar," ucapnya.

      Namun koalisi 3 partai tersebut belum resmi hitam di atas putih. Pasalnya, menurut Iwan, dalam draft perjanjian kerja sama masih ada klausul-klausul yang perlu diperbaiki baik poin-poin terkait pemilihan level gubernur maupun pilkada 16 kabupaten/kota di Jabar

      "Jadi penandatanganan kita tunda dulu. Kita lihat masih ada yang harus diperbaiki lagi untuk memasukan poin bahwa selain pemilihan untuk gubernur kita harus memikirkan pilkada serentak kabupaten/kota. Jadi itu masuk ke klausul kita agar kerja sama tidak hanya mikir untuk Pilgub tapi bagaimana membangun Jawa Barat dari tiga partai bersama-sama," papar Iwan. (*)

      den

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Kasus Setnov takkan Berimbas pada Pencalonan Emil
      Aceng Fikri Masih Berharap Jadi Cawagub
      PPP Siap Ikuti Konvensi Cawagub Pendamping Emil
      Dedi Mulyadi Calon Gubernur Favorit Mahasiswa
      Emil: Kalau tidak Cocok, Jangan Paksakan
      Berita Terdahulu

      Editorial

      • Teladani Semangat Pahlawan
        Teladani Semangat Pahlawan

        HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

        Advertisement On Google

        Pilwalkot Bandung 2018