web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pelaksanaan Haji 2017 Dinilai Lancar
    net ilustrasi

    Pelaksanaan Haji 2017 Dinilai Lancar

    • Selasa, 12 September 2017 | 01:17:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jeddah - Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (P{MK) memastikan, seluruh prosesi haji di tahun 2017 ini telah dilaksanakan dengan lancar.

    Tercatat, ada 511 Kloter dari 13 embarkasi yang diberangkatkan dengan jumlah jamaah mencapai 206.535 orang. Pelaksanaan ibadah ini juga didukung 2.530 petugas kloter serta 970 petugas PPIH Arab Saudi.

    “Secara keseluruhan tak ada permasalahan prinsipal yang menyulitkan. Sebagaimana yang disampaikan Pemerintah Saudi, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berlangsung dengan lancar," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jeddah, Minggu (10/9/2017).

    Seusai memimpin rapat evaluasi delegasi Amirul Hajj dan PPIH, Menag mengemukakan, kendati penyelenggaraan haji tahun ini berjalan lancar dan aman pihaknya masih mencatat sejumlah evaluasi penting. Semisal terkait jemaah haji Indonesia yangberdesakan di tenda Mina serta kurangnya fasilitas toilet. Terkait ini Lukman mencatat 2 dua hal yang perlu dilakukan ke depan.

    Pertama, lobi Pemerintah Saudi agar infrastruktur Mina bisa ditingkatkan. Dia berharap Dubes RI untuk Arab Saudi bisa meyakinkan pemerintah Arab Saudi untuk hal itu. Kedua, strategi penempatan jemaah di Mina perlu diubah. Ke depan, di setiap maktab (pemondokan). Menurutnya, perlu ada dua atau tiga kloter yang hotelnya berada di sekitar Jamarat.

    Sementara itu, Lukman juga menegaskan evaluasi lainnya berkaitan dengan sistem sewa hotel di Madinah. Menurutnya, tahun depan akan dilakukan kajian kemungkinan dilakukannya perubahan sistem sewa dari blocking time menjadi sewa satu musim.

    “Evaluasi lainnya terkait perlunya penambahan kuota petugas. Hal ini juga memerlukan proses lobi. Kuota petuga) yang hanya 3.500 belum mampu mengimbangi banyaknya jemaah haji kita," tandasnya.

    Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, penyelenggaraan ibadah haji 1438H saat ini memasuki fase pemulangan. Jamaah haji gelombang pertama sudah mulai diberangkatkan dari Jeddah menuju Tanah Air sejak 6 - 20 September 2017.

    Sementara jemaah haji gelombang kedua akan mulai diberangkatkan dari Makkah ke Madinah pada 12 September 2017. Gelombang ini akan pulang ke Tanah Air melalui Madinah setelah menjalani Arbain di Masjid Nabawi. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Nilai Pengusaha Angkutan Online Arogan
    PLN Area Cirebon Setiap Bulan Rugi Rp 1,1 Miliar
    Tenggak Eximer 12 Remaja Keracunan dan Dirawat
    5 SD di Sumedang Terkena Proyek Tol Cisumdawu
     Pelaku Pembunuhan Laki Sesama Jenis di Dibekuk
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google