web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Mendikbud Khawatirkan Pertambahan Buta Huruf
    net

    Mendikbud Khawatirkan Pertambahan Buta Huruf

    • Jumat, 8 September 2017 | 20:37:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Kuningan – Meski melek huruf namun masyarakat berusia 45 tahun berisiko mengalami buta huruf. Ini dikarenakan tidak ada pembinaan atau kelanjutan pemanfaatan dari kemampuan bacanya.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku khawatir, penduduk buta huruf akan lebih banyak dibandingkan mereka yang mampu membaca dengan baik. “Prosentase jumlah penduduk Indonesia yang buta huruf masih relatif rendah, tapi bisa saja bertambah,” ucapnya saat menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional tahun 2017 Tingkat Nasional di Gedung Olah Raga Ewangga, Kabupaten Kuningan, Jumat (8/9/2017).

    Berdasarkan data statistik, prosentase masyarakat buta huruf hanya mencapai sekitar 2,07 persen atau sekitar 3,4 juta jiwa dari total penduduk Indonesia. Namun kemungkinan terjadinya pergeseran kemampuan membaca masyarakat yang lebih tinggi dari data statistik itu.

    “Semua pihak harus mewaspadai hal itu. Masyarakat juga harus meningkatkan pembinaan agar yang sudah melek huruf jangan sampai jadi buta huruf,” imbuhnya.

    Sejauh ini, jumlah penduduk rawan buta huruf masih didominasi oleh kalangan yang berusia di atas 45 tahun. Buta huruf bukan hanya tidak bisa membaca, menulis, dan menghitung, tapi juga mengenai esensi dan manfaat seluruh kegiatan tersebut terhadap masyarakat sebagai pelakunya.

    “Orang bisa membaca belum tentu belajar, orang mendengar belum tentu menyimak, dan orang melihat belum tentu tahu. Makanya, kita harus hati-hati, jangan sampai kita hanya mengajarkan tanpa ada pembelajaran dari apa yang diajarkan,” tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Nilai Pengusaha Angkutan Online Arogan
    PLN Area Cirebon Setiap Bulan Rugi Rp 1,1 Miliar
    Tenggak Eximer 12 Remaja Keracunan dan Dirawat
    5 SD di Sumedang Terkena Proyek Tol Cisumdawu
     Pelaku Pembunuhan Laki Sesama Jenis di Dibekuk
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google