web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kapolda Baru Fokus Amankan Pilkada dan Asian Games
    juaranews Irjen Agung dan Irjen Anton saat pisah sambut

    Kapolda Baru Fokus Amankan Pilkada dan Asian Games

    • Jumat, 8 September 2017 | 20:14:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Kapolda baru Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto akan memfokuskan pengamanan dan mewujudkan kondusivitas di Jabar dalam menyongsong 2 event besar, Pilkada Serentak 2018 dan Asian Games 2018.

    "Kebetulan 3 hari lalu saya bertemu dengan Gubernur Jabar (Ahmad Heryawan) di Kuala Lumpur, Malaysia. Saya ke sana sebagai Kapolda Sumsel untuk studi banding pengamanan Asian Games 2018. Palembang akan menjadi tuan rumah bagi 11 cabang olahraga Asian Games. Karena bertemu Gubernur di Kuala Lumpur, sekalian koordinasi terkait Asian Games dan Pilkada Serentak 2018 (Pilbup, Pilwalkot, dan Pilgub Jabar),” kata  Agung seusai upacara pisah sambut di Mapolda Jabar, Jalan Siekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (8/9/2017).

    Menurut Agung, terdapat beberapa cabor Asian Games yang akan digelar di Jabar, terutama yang outdoor, juga sepak bola. Salah satu venue yang akan dijadikan tempat penyelenggaraan cabor sepak bola, adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Karena itu, akan banyak trobosan dan inovasi dalam menciptakan keamana, dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Jabar, terutama menghadapi dua event besar itu. Sinergitas antara Polri dan TNI, serta semua pihak di Jabar akan ditingkatkan.

    "Untuk pengamanan Asian Games, nanti saya rapatkan secara khusus. Saya sudah belajar cara mengamankan event olahraga besar seperti itu, seperti pertandingan sepak bola dan lain-lain," ujar Kapolda.

    Disinggung tentang pengamanan Pilkada Serentak 2018 yang akan berlangsung di 16 kota dan kabupaten di Jabar termasuk Pilgub 2018, Agung menuturkan, pihaknya akan mempelajari terlebih dulu data-data intelijen terkait pemetaan kerawanan dan lain-lain. "Setelah itu nanti kami sampaikan dalam waktu dan kesempatan lain," tutur Agung.

    Di tempat sama, Irjen Pol Anton Charlian mengucapkan selamat kepada Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang mengemban tugas baru sebagai Kapolda Jabar. Dia berharap di bawah kepemimpinan Agung, Jabar semakin aman dan kondusif.

    "Saya tahu track record beliau (Irjen Pol Agung Budi Maryoto). Saya yakin, di bawah kepemimpinan Pak Agung, Jabar akan lebih kondusif. Mohon dukungan dari semua pihak, karena ke depan tantangan akan lebih berat," kata Anton.

    Pisah Sambut Kapolda Baru

    Gong Xi Fa Chai

     

    Sementara itu, sekitar pukul pukul 07.30 WIB, kemarin, jajaran Polda Jabar menggelar upacara penyambutan Kapolda Jabar baru di Mapolda Jabar. Upacara diawali dengan prosesi pedang pora. Pedang pora mempunyai makna menjaga keselamatan, kesejahteraan, dan kelancaran Kapolda Jabar dalam melaksanakan tugas. Prosesi ini dilakukan oleh delapan perwira berseragam lengkap dengan masing-masing sebilah pedang di tangan kanan. Mereka berdiri saling berhadapan, lalu membentuk gerbang.

    Kapolda Jabbar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi istri Erwinia Charita atau Winnie berjalan di antara pedang-pedang yang terangkat ke atas saat mereka melintas. Selanjutnya Kapolda dan istri disambut tarian tradisional Sunda oleh delapan penari cantik. Sambil diiringi para penari, Agung dan istri menyalami para kapolres dan perwira Polri se-Jabar.

    Terakhir, Agung dan istri disambut oleh Kapolda Jabar lama Irjen Pol Anton Charliyan dan istri Ajeng Anton Charliyan. Setelah bersalaman dan berpelukan, kedua petinggi Polri di Jabar tersebut memasuki gedung Mapolda Jabar. Di dalam gedung, Agung dan Anton terlibat perbincangan sambil menunggung upacara serah pisah sambut dimulai. 

    Upacara diawali dengan yel-yel sinergitas antara Polri dan TNI. Setelah itu inspektur upacara Irjen Pol Anton Charliyan dan Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto memasuki lapangan Mapolda Jabar, dilanjutkan dengan Mars Polri. 

    Kemudian, Agung dan Anton memeriksa pasukan dengan menaiki mobil jip dan diiring lagu Maju Tak Gentar. Selanjutnya pemghormatan kepada pataka Polda Jabar, Ganda Wibawa Cakti. Pataka tersebut diberikan oleh Anton Charliyan kepada Agung. 

    "Selamat datang, wilujeng sumpingKapolda Jabar yang baru di tanah Priyangan, Pasundan yang indah ini. Dalam kesempatan ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada anggita dan masyarakat Jabar jika selama delapan bulan 17 hari menjabat sebagai Kapolda Jabar, saya banyak kekurangan," kata Anton dalam sambutannya.

    Seperti diketahui, Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri. Sedangkan jabatan Kapolda Jabar digantikan oleh Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumsel. Rotasi perwira tinggi (Pati) tersebut berdasarkan telegram rahasia ST/2032/VII/2017 tanggal 25 Agustus 2017.

    Irjen Pol Anton Charliyan dilantik sebagai Kapolda Jabar pada Jumat 16 Desember 2016 di Mabes Polri, Jakarta. Selama menjabat, Anton dikenal sebagai “putra daerah” yang sangat menjunjung tinggi falsafah dan budaya Sunda. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    2019, Pemprov Janjikan Banjir Rancaekek Teratasi
    Mobil Listrik Evhero buatan Itenas Diluncurkan
    Divonis 1,5 Tahun Penjara, Buni Yani tak Ditahan
    Pradita Institute Jalin Kerja Sama dengan STPB
    Jelang Nataru PT KAI Daop 2 Siapkan 86 KA
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018