web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pekerja Diminta Tak Ambil Dana JHT Terlalu Cepat
    net

    Pekerja Diminta Tak Ambil Dana JHT Terlalu Cepat

    • Rabu, 6 September 2017 | 21:48:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Cimahi – Penarikan dana Jaminan Hari Tua (JHT) oleh pekerja yang belum pengsiun dianggap beresiko. Sebab kondisi itu dapat mengakibatkan peserta tidak memiliki perlindungan dan jaminan sosial pada waktu pensiun kelak.

    Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cimahi Renata Susanti mengatakan, hampir 95% peserta berstatus berhenti dari pekerjaan langsung mencairkan JHT. Alasannya karena kebutuhan hidup. “Itu banyak terjadi dan tidak bisa dikendalikan," ungkapnya, Rabu (6/9/2017).

    Dia menejalaskan, JHT bisa diteruskan meski tidak berstatus pekerja. Dana JHT tidak akan kedaluwarsa meskipun pesertanya sudah tidak bekerja. Tak hanya itu, JHT bahkan bisa dilanjutkan dengan status peserta Bukan Penerima Upah (BPU) atau peserta mandiri. Dengan demikian, dana JHT bisa disimpan dan dicairkan pada masa usia pensiun.

    “BPJS Ketenagakerjaan sering menyampaikan agar JHT tidak langsung dicairkan dan itu rutin disampaikan,” timpalnya.

    Sejauh ini, tidak sedikit anggapan terkait manfaat yang didapat dari jaminan bersifat tidak langsung. Hal tersebut membuat masyarakat berpikir bahwa jaminan hari tua tidak diperlukan. “Mungkin jika sudah terinformasikan, kemungkinan besar masyarakat pun ingin memiliki jaminan sosial,” ucapnya.

    Hingga saat ini, BPJS Ketenagakerjaan Cimahi menargetkan kepesertaan mencapai 158.896 untuk wilayah Kota Cimahi - Kabupaten Bandung Barat. Sementara, kini peserta yang sudah tercover BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 142.112 peserta. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tim Gabungan Merazia Apotek Cari Obat PCC
    Mabes Polri Gerebek Gudang Bahan Baku PCC
    Ratusan Anggota Damkar Antar Imam ke Pemakaman
    Puluhan PKL di Sidang Tipiring Sebagian Wajah Lama
    Usai Diperkosa di Angkot, ABG Dibuang di Jalan Tol
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018