web stats service from statcounter

Hot News

  • KM ITB Rayakan HUT ke-22
    KM ITB Rayakan HUT ke-22
    • 20 Januari 2018 | 00:34:00 WIB

    KELUARGA Mahasiswa (KM) ITB merayakan HUT ke-22 yang digelar di Lapangan Cinta, Kampus ITB, Jalan Ganeca Kota Bandung, Jumat (19/1/2018).

Inspirasi

    Antisipasi Kebakaran Lanjutan, Petugas BPBD Siaga
    net

    Antisipasi Kebakaran Lanjutan, Petugas BPBD Siaga

    • Rabu, 6 September 2017 | 21:40:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sukabumi – Petugas Badan Penanggulanan Bencama Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, masih berjaga di lokasi kebakaran hutan. Kejadian itu sendiri terjadi di blok Leuwi Cadas,  Kampung Cibanteng,  Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

    Hutan Suaka Marga Satwa dan Cagar Alam terbakar pada Selasa (5/9/2017). Kebakaran yang menghanguskan hutan seluas 20 hektare itu,  berhasil dipadamkan personil gabungan. Dibantu belasan personil Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) dan SARDA.

    “Pemadaman api mengggunakan perlatan manual dan untuk mengantisipasi kebakaran terulang, kami masih tetap menyiagaan personel,” kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo.

    Dia menjelaskan upaya pemadaman kekabaran di kawasan inti geopark nasional Ciletuh Palabuhanratu tersebut mengalami kendala. Selain  keterbatasan peralatan, titik lokasi api juga sangat jauh.

    Hal itu, memaksa personel gabungan  untuk berjalan kaki hingga memakan waktu kurang lebih 4 empat jam. Sementara itu kebakaran diduga dipicu oleh pembakaran lahan pertanian huma yang dilakukan warga kampung Neglasari.  Hembusan angin yang kencang, membuat api terus membesar dan membakar hutan yang berada tidak jauh dari areal pertanian huma. 

    “Kebakaran diperparah dengan kekeringan yang tengah melanda, sehingga memudahkan ranting terbakar karena panas,” tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pembahasan UMSK Subang Kembali Mentok
    Kodam Siliwangi Bertekad Kembalikan Harum Citarum
    Buron 2 Tahun, Mantan Direktur PT KAI Diciduk
    Keren, Pemkab Purwakarta Alami Surplus Beras
    Cikidang & Pangandaran jadi Kawasan Ekonomi Khusus
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Senin bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2018, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

      Advertisement On Google