web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Makhluk Ini Berusia 470 Juta Tahun

    Makhluk Ini Berusia 470 Juta Tahun

    • Rabu, 6 September 2017 | 21:33:00 WIB
    • 0 Komentar

    Masih banyak misteri yang tersimpan di Bumi ini dan menunggu untuk terkuak. Tak terhitung jumlahnya tanaman dan hewan baru yang ditemukan. Salah satunya, Bryozoa, makhluk hidup mirip agar-agar yang usianya sangat mencengangkan.

    Bryozoa yang ditemukan di Lost Lagoon, Stanley Park, Vancouver, British Columbia, Kanada ini, diperkirakan telah ada di Bumi sejak 470 juta tahun lampau. Makhluk aneh tersebut muncul kepermukaan sungai saat air sedang surut. “Tubuh makhluk ini berstruktur kenyal dan kuat. Hampir seperti Jell-o," kata Celina Starnes dari Stanley Park Ecology Society.

    Menurut Celine, Bryozoa sebenarnya merupakan koloni ratusan makhluk hidup. Organisme tunggal, zooid, hanya berukuran sepersekian milimeter. “Kami menduga Bryozoa air tawar ini merupakan bryozoa laut kuno berusia 470 juta tahun,” ujar dia.

    US Fish and Wildlife Service pada 2012 berteori bahwa perubahan iklim membantu penyebaran Bryozoa sebab Zooid hanya bisa bertahan hidup di perairan hangat. Spesies ini memberi makan alga di perairan kaya nutrisi, dan peningkatan jumlah mereka dapat mengganggu keseimbangan ekologi ekosistem air tawar. Mereka juga dapat menyumbat pipa. Bryozoa selama ini luput dari perhatian karena sulit ditemukan. Warna mereka yang menyerupai lumpur sehingga keberadaan Bryozoa tersamarkan. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gitar Listrik dari Lego
    Ikan Hiu Ini Menyala Dalam Gelap
    Pakistan Girl, Kampanye Perangi Korupsi
    Asyik Lihat GPS, Pria dan Mobilnya Masuk Sungai
    Penggemar Ular Tewas di Tangan Piaraannya
    Berita Terdahulu

    Editorial