web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    8.000 Hektare Lahan Sawah di Ciamis Kekeringan
    net

    8.000 Hektare Lahan Sawah di Ciamis Kekeringan

    • Rabu, 6 September 2017 | 07:38:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Ciamis -  Sekitar 8.000 hertare persawahan di wilayah tatar galuh Ciamis terancam kekeringan. Persawahan yang terancam kekeringan tersebut merupakan sebagian dari 35.000 hektar persawahan yang ada di Ciamis. 

    "Yang kondisinya kritis dan harus diselamatkan ada 2.888 hektare yang harus segera diselamatkan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Ciamis Kustini, Selasa (5/9/2017). 

    Dia mengaku belum mendapat laporan sawah yang puso akibat kemarau. Untuk mengantisipasi kekeringan, Kustinia minta agar kelompok tani mengotimalkan mesin pompa air.  Saat ini ada 1.131 unit mesin pompa air yang diserahkan kepada kelompok tani. 

    "Kami juga menyediakan mesin pompa air ukuran 8 inch yang siap diperbantuan untuk wilayah yang membutuhkan. Jadi mesin pompa tersebut sifatnya mobile atau keliling. Kondisinya sudah siap pakai," tambahnya. 

    Menurutnya sebagian persawahan yang terancam kekeringan, termasuk program percepatan tanam. Hanya saja, petani terlambat menanam. Masa percepatan tanam berlangsung pada Maret 2017, akan tetapi ada yang mundur baru tanam pada Bulan April dan Mei.  

    "Beruntung yang menanam sesuai jadwal, sekarang sedang  panen. Sedangkan yang terlambat tanam, saat ini terancam kekeringan," katanya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Nilai Pengusaha Angkutan Online Arogan
    PLN Area Cirebon Setiap Bulan Rugi Rp 1,1 Miliar
    Tenggak Eximer 12 Remaja Keracunan dan Dirawat
    5 SD di Sumedang Terkena Proyek Tol Cisumdawu
     Pelaku Pembunuhan Laki Sesama Jenis di Dibekuk
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google