web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Seni Budaya di Kawasan Jatigede akan Dikembangkan
    net

    Seni Budaya di Kawasan Jatigede akan Dikembangkan

    • Senin, 4 September 2017 | 21:53:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sumedang - Dewan Kebudayaan Sumedang sedang melakukan inventarisasi kesenian tradisional di kawasan Waduk Jatigede. Kegiatan itu dilakukan, untuk mengetahui secara pasti berbagai kesenian dan budaya yang ada di masyarakat Jatigede.

    Selain itu, inventarisasi kebudayaan dilakukan agar Jatigede memiliki daya tarik wisata, seni, dan budaya sehingga lebih dilirik wisatawan mancanegara. “Kami ingin Jatigede memiliki seni dan budaya yang punya daya tarik luar biasa di mata wisatawan asing,” tutur Sekretaris Dewan Kebudayaan Sumedang Tatang Sobarna.

    Inventarisasi kesenian tradisional dan budaya masyarakat Jatigede itu semakin penting. Pasalnya, ada beberapa acara adat warga Jatigede yang hilang setelah daerahnya tergenang air waduk. Seperti, acara ngarumat jagat setiap tanggal 14 Muharam di Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja.

    Nantinya setelah diinventarisasi, selanjutnya semua acara adat, kesenian dan budaya masyarakat Jatigede akan dimunculkan kembali. Bahkan, ditumbuhkembangkan sehingga menjadi destinasi budaya. 

    "Antaikan Jatigede punya daya tarik seni dan budaya, wisatawan secara otomatis akan berdatangan,” imbuhnya.

    Dewan Kebudayaan juga, kata dia, akan mewujudkan rencana sebelumnya yang akan membangun kampung budaya di Dusun Batununggul, Desa Tarunajaya dan Sukaratu Kecamatan Darmaraja. Lokasinya berada di sekitar bibir bendungan Waduk Jatigede. “Sekarang kami eksplore dulu, setelah itu action,” ujarnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Nilai Pengusaha Angkutan Online Arogan
    PLN Area Cirebon Setiap Bulan Rugi Rp 1,1 Miliar
    Tenggak Eximer 12 Remaja Keracunan dan Dirawat
    5 SD di Sumedang Terkena Proyek Tol Cisumdawu
     Pelaku Pembunuhan Laki Sesama Jenis di Dibekuk
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google