web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Cianjur Harus Miliki Pelayanan Kesehatan Jiwa
    net

    Cianjur Harus Miliki Pelayanan Kesehatan Jiwa

    • Senin, 4 September 2017 | 21:48:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Cianjur – Jumlah penderita gangguan jiwa di Kabupaten Cianjur semakin banyak dengan kategori biasa hingga berat. Untuk itu sudah selayaknya Kabupaten Cianjur memiliki pusat pelayanan kesehatan jiwa.

    Dokter Spesialis Kejiwaan RSUD Sayang Cianjur Syafari Soma mengatkaan, dalam sebulan ribuan orang datang untuk berkonsultasi masalah kejiwaan. Jumlah tersebut, terbagi dalam beberapa kategori penderita, yaitu orang yang hanya sekadar melakukan konsultasi dan orang yang berobat karena positif mengidap gangguan jiwa.

    "Itu data yang yang datang ke rumah sakit saja sedangkan yang tidak datang berobat belum terhitung," ucapnya, Senin (4/9/2017).

    Dia menjelaskan gangguan jiwa adalah masalah otak yang bisa disembuhkan. Akan tetapi, penyakit gangguan kejiwaan memang belum ditanggapi secara serius, karena minimnya pemahaman dari masyarakat.

    Hingga kini masih ada kesan, kalau gangguan jiwa itu bukan urusan dokter tapi lebih cenderung pada penanganan spiritual. Makanya, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) masih banyak yang dibiarkan begitu saja.

    Menurutnya gangguan jiwa terus menjadi permasalahan yang kompleks. Masyarakat masih belum bisa menerima penyakit tersebut secara medis. Kecenderungan cara penyembuhan ODGJ pun, masih dipercaya dapat dilakukan oleh ahli spiritual.

    Namun ketika ODGJ pada akhirnya tidak dapat ditangani ahli spiritual, masyarakat baru menjadikan pengobatan medis sebagai jalan terakhir. “Masih ada diskriminasi, karena penderita gangguan jiwa baru dibawa dokter ketika sakitnya sudah berat,” tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Nilai Pengusaha Angkutan Online Arogan
    PLN Area Cirebon Setiap Bulan Rugi Rp 1,1 Miliar
    Tenggak Eximer 12 Remaja Keracunan dan Dirawat
    5 SD di Sumedang Terkena Proyek Tol Cisumdawu
     Pelaku Pembunuhan Laki Sesama Jenis di Dibekuk
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google