web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    The Brandtaucher Kapal Selam Pertama Buatan Jerman

    The Brandtaucher Kapal Selam Pertama Buatan Jerman

    • Senin, 4 September 2017 | 20:14:00 WIB
    • 0 Komentar

    The Brandtaucher dirancang oleh insinyur Jerman, Wilhelm Bauer. Pada 1850, rancangan kapal selam itu diwujudkan secara fisik oleh Schweffel & Howaldt di Kiel for Schleswig-Holstein’s Flotilla, bagian dari galangan kapal Reichsflotte.

    Rancangan kapal selam buatan Wilhelm Bauer itu menarik minat Menteri Kelauran Jerman kala itu. Sang menteri kemudian meminta Bauer mengontruksi model kapal selam berukuran 70 X 8 X 29 sentimeter  Kapal selam model tersebut kemudian didemonstrasikan di Pelabuhan Kiel. Hebatnya, kapal selam mini itu berhasil mengarungi laut.

    Pemerintah Jerman kala itu kemudian menggelontorkan dana untuk membuat kapal selam rancangan Bauer dengan ukuran 30 meter dan lebar 9,5 meter, serta berbobot 50.000 kilogram. Kapal selam itu dibangun oleh August Howaldt. Insinyur perkapalan Jerman itu juga meredesain rancangan Bauer.

    Selama Perang Dunia I dan II, mesin kapal selam rancangan Bauer tetap dipakai. Kapal selam The Brandtaucher memiliki kecepatan 3 knot. The Brandtaucher pertama kali diujicoba pada December 1850. Setelah dilakukan pengembangan di beberapa bagian, pihak militer Jerman memamerkan The Brandtaucher ke publik di Pelabuhan Kiel pada 1 February 1851.

    Hampir saja uji coba ini berubah bencana setelah bagian bawah kapal selam itu jebol. Kini, kapal selam The Brandtaucher menjadi pajangan di sebuah museum kelautan di Dresden, Jerman. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gitar Listrik dari Lego
    Ikan Hiu Ini Menyala Dalam Gelap
    Pakistan Girl, Kampanye Perangi Korupsi
    Asyik Lihat GPS, Pria dan Mobilnya Masuk Sungai
    Penggemar Ular Tewas di Tangan Piaraannya
    Berita Terdahulu

    Editorial