web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Kemarau, Sawah di Karawang Banyak Dibiarkan
    net

    Kemarau, Sawah di Karawang Banyak Dibiarkan

    • Kamis, 10 Agustus 2017 | 21:13:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Karawang – Hingga kini banyak areal persawahan tadah hujan yang di dua kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, 'menganggur'. Itu terjadi karena kondisi kemarau yang sudah terjadi sehingga pasokan air menjadi berkurang.

    "Para petani di wilayah Pangkalan dan Tegalwaru memang lebih baik tidak memaksakan kehendak untuk menanam padi, karena areal sawah di daerah itu sawah tadah hujan," ucap Kepala Dinas Pertanian setempat Hanafi, di Karawang, Kamis (10/8/2017).

    Atas kondisi itu, diakuinya cukup banyak areal sawah di daerah tersebut yang menganggur atau tidak digarap pada musim kemarau. Sebab areal sawah tadah hujan hanya mengandalkan air dari hujan, bukan dari saluran irigasi.

    Jika petani di daerah tersebut ingin menanam, disarankan agar menanam tanaman palawija seperti kacang-kacangan atau jagung. Sebab tanaman itu tidak terlalu banyak membutuhkan air.

    Untuk petani di daerah lain yang bukan sawah tadah hujan, Hanafi mengingatkan kepada petani agar segera melapor jika mengalami kesulitan air untuk mengairi areal sawahnya pada musim kemarau seperti saat ini. "Kalau kesulitan air, silakan melapor agar bisa ditangani karena kami menyiapkan pompa air,” tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kemenko PMK Terus Kaji Langkah Pembiayaan BPJS
    Persiapan Asian Games 2018 sesuai Target
    9 Juta Balita Gagal Tumbuh akibat Kekurangan Gizi
    Bahaya Pornografi Sama dengan Terorisme
    Peduli Museum, Aher Raih Anugerah Purwakalagrha
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google