web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Nelayan Sukabumi Terancam Akibat Pencemaran Laut
    net

    Nelayan Sukabumi Terancam Akibat Pencemaran Laut

    • Selasa, 8 Agustus 2017 | 22:56:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sukabumi – Ratusan nelayan di Kabupaten Sukabumi mengeluhkan pencemaran laut akibat limbah yang berasal dari perusahaan dan tambang. 

    "Banyak perusahaan dan tambang yang limbahnya dibuang ke sungai, sehingga sisa bahan kimianya dibuang ke laut,"  ungkap Seketaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi Ujang SB di Sukabumi, Senin (7/8/2017)

    Akibat mulai tercemarnya laut Sukabumi oleh limbah dari perusahaan dan lokasi penambangan, tangkapan ikan laut menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir. Imbasnya banyak nelayan yang merugi jika melaut karena hasil tangkapan tidak sesuai dengan biaya melaut.

    Pihaknya meminta pemerintah agar menertibkan sekaligus memberi sanksi kepada perusahaan maupun tambang yang membuang limbahnya ke laut. Padahal dahulu laut Sukabumi memiliki sumber daya ikan yang melimpah.

    Belum lagi pencemaran yang berasal dari limbah rumah tangga sehingga laut menjadi kotor. Padahal, pihaknya secara rutin bersama lembaga dan relawan membersihkan pesisir agar limbah seperti plastik dan lain-lain tidak terbawa arus laut ke tengah.

    "Kondisi ini membuat kami prihatin karena bagaimana nelayan bisa sejahtera jika lautnya tercemar," tandasnya.

    Di sisi lain, Ujang mengatakan jika nelayan harus mencari ikan sampai ke laut Samudera Hindia khawatir terjadi sesuatu apalagi mayoritas nelayan hanya menggunakan alat tangkap dan kapal tradisional di bawah 10 gross ton (GT). (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Seorang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak akibat Gempa
    Puan: PKH Jangan Dipakai Jajan atau Beli Pulsa
    Perpres Dana Abadi Pendidikan Segera Dituntaskan
    Peringatan Tsunami Dicabut, Warga Diminta Kembali
    Jabar Diguncang Gempa, Warga Diimbau Jauhi Pantai
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google