web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Penggunaan Suket di Pilkada Rawan Dimanipulasi
    net

    Penggunaan Suket di Pilkada Rawan Dimanipulasi

    • Selasa, 8 Agustus 2017 | 22:45:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – Penggunaan surat keterangan (suket) pada Pemilu serentak di Jawa Barat masih memiliki celah untuk bisa dimanipulasi. Untuk itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mendesak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se-Jabar untuk segera menuntaskan persoalan e-KTP‎.

    Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto mengatakan, potensi manipulasi data kependudukan masih mungkin terjadi jika e-KTP tak tuntas sesaat menjelang hari pencoblosan Pilgub Jabar dan Pilkada Serentak 2018 mendatang.

    "Pada pilkada serentak sebelumnya, memang banyak pemilih di Jabar menggunakan suket. Namun (suket) rawan dimanipulasi seperti adanya data kependudukan ganda," ucapnya, Senin (7/8/2017).

    Pihaknya pun terus berkordinasi dengan Disduk Jabar, kota dan kabupaten untuk mengetahui perkembangan e-KTP.  Pasalnya, selain sebagai syarat mutlak memilih, e-KTP merupakan satu-satunya alat kontrol data kependudukan yang valid saat calon pemilih memberikan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS).‎

    Harminus menuturkan, yang berhak menggunakan suket adalah pemilik KTP konvensional yang belum mengantongi atau melakukan perekaman e-KTP. Fakta di lapangan, tak sedikit penduduk yang memiliki lebih dari satu KTP konvensional. 

    "Itu yang kami antisipasi. Melalui penunggalan NIK (nomor induk kependudukan) dalam e-KTP tentu dapat menekan potensi data kependudukan ganda itu," tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Diskreditkan PDIP, Sejumlah Medsos Dilaporkan
    Pemkot Bandung Segera Lakukan Seleksi Sekda
    Libur Panjang Tiket KA ke Sejumlah Kota Penuh
    Imlek, Bandung Zoo Gelar Parade Satwa & Barongsai
    725 Polisi Amankan Perayaan Imlek di Kota Bandung
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      JUMAT (16/2/2018) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018