web stats service from statcounter

Hot News


  • Emil Setuju Nama BIJB jadi Bandara Habibe
    Emil Setuju Nama BIJB jadi Bandara Habibe
    • 16 September 2019 | 16:13:00 WIB

    RIDWAN Kamil menanggapi serius petisi penandatanganan secara online di website change.org meminta agar BIJB Kertajati diganti namanya menjadi BJ Habibie.

Inspirasi


    Puasa Turunkan Risiko Diabetes & Penyakit Jantung
    net ilustrasi

    Puasa Turunkan Risiko Diabetes & Penyakit Jantung

    • Senin, 23 Februari 2015 | 07:40:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Dalam ajaran Islam, kaum muslim disunahkan melakukan puasa, salah satunya puasa di hari Senin dan Kamis. Anjuran tersebut ternyata bukan hanya bernilai ibadah bagi yang melaksanakannya, tapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Sebuah penelitian terbaru menunjukkan puasa yang rutin dilakukan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Juga bisa menurunkan risiko diabetes dan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

    Penelitian yang dilakukan di  University of Southern California menemukan bahwa puasa dapat membantu tubuh memperbaiki sistem kekebalan tubuh, terutama bagi kekebalan yang rusak karena bertambahnya usia dan karena pengobatan kanker.

    "Ketika seseorang lapar, sistem tubuh otomatis akan menghemat energi, dan salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk menghemat energi adalah mendaur ulang banyak sel-sel kekebalan tubuh yang tidak diperlukan, terutama yang rusak," ujar Profesor Valter Longo, salah satu peneliti, dilansir dailymail.co.uk.

    Saat kita puasa, tubuh akan melakukan regenerasi yang sangat cepat dan membangun kembali seluruh sistem di dalam tubuh. "Jika terjadi kerusakan sistem yang sangat berat akibat kemoterapi atau penuaan, puasa dapat menghasilkan siklus, secara mudah adalah membentuk sistem kekebalan tubuh yang baru," lanjut Profesor Longo.

    Dalam penelitiannya, Prof Longo dan timnya menggunakan tikus dan pasien kanker sebagai 'relawan'. Keduanya dipaksa berpuasa selama dua hari, dan tim mengukur sel darah putih dan merah. Hasilnya, sel darah putih turun saat tikus dan pasien kanker puasa panjang. Ketika kembali menyantap makanna, sel-sel darah merah meningkat.

    Jadi, menurut Prof Longo, puasa membalik saklar dalam sumsum tulang sel-sel induk, dan menyebabkan sel-sel itu melakukan regenerasi sendiri. Sel induk haematopoietic berkembang menjadi sel darah merah pembawa oksigen, dan sel darah putih kembali berfungsi menjadi tentara sistem kekebalan tubuh.

    Puasa juga bisa menurunkan menurunkan kadar gula darah dan membuatnya normal. Tubuh sendiri mengalami regenerasi dan perbaikan kembali dari dalam dengan bantuan puasa. Penelitian yang dilakukan Intermountain Heart Institute, Utah, menemukan bahwa puasa dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, terutama bagi mereka yang berpotensi tinggi memiliki risiko diabetes dan penyakit jantung.

    "Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa puasa rutin dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit yang berhubungan dengan jantung," ujar Benjamin Horne, kepala penelitian. "Bisa dikatakan, puasa memiliki dampak mengurangi risiko diabetes dan mengatasi masalah metabolisme," lanjutnya.

    Puasa yang disarankan oleh para peneliti adalah sekitar 10 hingga 12 jam setiap hari. Selain dapat membuat kadar gula normal, puasa teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 12%.

    Manfaat Lain Berpuasa:

    • Cegah Penyakit Kronis

    Puasa juga mengharuskan menahan amarah. Hal ini membuat keadaan psikologis lebih tenang dan secara ilmiah menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Minimnya adrenalin memberikan efek baik, seperti mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu.

    • Pola Pikir Lebih Tajam dan Kreatif

    Puasa membuat pikiran lebih tenang dan melambat. Pikiran melambat ini justru membuatnya bekerja lebih tajam. Ditinjau dari segi insting, masalah rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita berpikiran lebih tajam dan kreatif.

    • Performa Seksual Meningkat

    Penelitian membuktikan, puasa memang menurunkan nafsu seksual dan hormon testoteron. Namun ini bersifat sementara, Setelah beberapa hari siklus puasa dijalankan, justru produksi hormon testosteron dan performa seksual justru meningkat pesat.

    • Mengurangi Kegemukan

    Secara ilmiah berpuasa juga berdampak pada penurunan berat badan. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan. Endapan makanan inilah yang bila kelebihan akan menjadi lemak. Selain itu, berpuasa memperbaiki sistem pencernaan, sehingga sirkulasi makanan dan buang air lebih lancar.

    • Pencegah dan Penyembuh Penyakit Mental

    Otak memiliki fungsi pembersih dan penyehat otak dengan bantuan sel yang disebut dengan neuroglial cells. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan dimakan oleh sel-sel neuroglial ini, dimana hal ini akan berdampak pula pada mental seseorang.

    • Sehat bagi Ginjal

    Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya yang dimakan dan diminum. Berpuasa membuat ginjal semakin sehat. Karena fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urine mencapai 1.000-12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air.

    • Pencegah Diabetes dan Kelebihan Nutrisi

    Obesitas, hiperkolesterol, diabetes, dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya adalah akibat tubuh mengalami kelebihan kadar gula darah dan kolesterol. Dengan berpuasa, konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi.

    • Penawar Sakit Sendi

    Berpuasa dengan teratur akan meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang akan membuat sakit encok lambat laun menuju kesembuhan. Penelitian menemukan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral dengan membaiknya radang sendi, penyebab encok. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    De Majestic jadi Pusat Seni dan Budaya Jabar
    Duta Besar Swedia Kolaborasi dengan Budi Dalton
    Terbukti Bersalah, Vanessa Divonis 5 Bulan Penjara
    2020 Produk Timberland 100 % Gunakan Daur Ulang
    Reopening Lois Jeans di Mall BIP Bandung

    Editorial