web stats service from statcounter

Hot News

  • KM ITB Rayakan HUT ke-22
    KM ITB Rayakan HUT ke-22
    • 20 Januari 2018 | 00:34:00 WIB

    KELUARGA Mahasiswa (KM) ITB merayakan HUT ke-22 yang digelar di Lapangan Cinta, Kampus ITB, Jalan Ganeca Kota Bandung, Jumat (19/1/2018).

Inspirasi

    Pemkot Harus Klarifikasi Dana Mengendap di Bank
    net

    Pemkot Harus Klarifikasi Dana Mengendap di Bank

    JuaraNews, Cimahi – Pemkot Cimahi diminta untuk mengklarifikasi terkait dana kas daerah yang mengendap di pihak bank.

    Seperti diketahui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan melansirkan, Kota Cimahi tercatat sebagai peringkat dua dalam daftar lima kota yang memiliki simpanan perbankan terbesar hingga akhir Juni 2017 yaitu sebesar Rp 1,84 Triliun. 

    Anggota Badan Anggaran (Banggar) Kota Cimahi sekaligus Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kota Cimahi Robin Sihombing mengatakan, dengan masuk daftar tersebut sehingga perlu adanya klarifikasi ke kementerian.

    “Persoalan ini kalau dibiarkan berlarut-larut maka nama Cimahi akan jelek karena dianggap tidak mampu menyerap anggaran dengan baik," terangnya, Jumat (4/8/2017).

    Robin menyebutkan, besaran APBD Kota Cimahi pada tahun 2017 tidak mencapai angka Rp 1,84 triliun, seperti yang diungkapkan oleh Kementerian Keuangan. Pada tahun 2017, Pemkot Cimahi mendapat dana dari pemerintah pusat yaitu dana alokasi umum (DAU) sekitar Rp 685 miliar, dana alokasi khusus (DAK) sekitar Rp 150 miliar, serta ditambah dana bagi hasil sekitar Rp 60 miliar.

    “Jadi kalau ditotal dengan PAD dan pendapatan lain-lain juga tidak segitu," lanjutnya.

    Biasanya DAU habis terserap untuk belanja tidak langsung. Dana perimbangan sendiri dipakai untuk kegiatan pembangunan, sedangkan DAK cair sudah dilengkapi juklak-juknis yang jelas. Pihaknya sempat menanyakan data anggaran daerah yang mengendap di perbankan seperti yang diungkapkan Kementerian Keuangan. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Stres, Warga Cimahi Tersambar Kereta Api
    Baru Dibentuk Kerja Tim TPID Cimahi Belum Maksimal
    Pemkot Cimahi Sulit Kontrol Kenaikan Harga Beras
    Diperiksa Polisi Pelaku Pencabulan Memilih Bungkam
    Minimarket di Kota Cimahi Semakin Tak Terkendali
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Senin bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2018, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018