web stats service from statcounter

Hot News

  • Tekad Melanjutkan Tren Positif
    Tekad Melanjutkan Tren Positif
    • 24 September 2017 | 06:55:00 WIB

    LAGA antara Persib menjamu Bhayangkara FC di Stadion si Jalak Harupat, Minggu (24/9/2017) sore ini, bakal menjadi pembuktian bagi kedua tim.

Inspirasi

    Petani Garam di Karawang Nikmati Kenaikan Harga
    net

    Petani Garam di Karawang Nikmati Kenaikan Harga

    JuaraNews, Karawang – Kenaikan harga garam disyukuri oleh para petani garam asal Kabupaten Karawang. Ini dikarenakan saat ini harga garam di tingkat petani mengalami kenaikan sampai tiga kali lipat dari harga normal yakni Rp 1.500 sampai Rp 2.000 per kilogramnya.

    Ketua Forum Komunikasi Usaha Garam Rakyat (FK Kugar) Kabupaten Karawang Aep Suhardi mengatakan, areal lahan garam di Karawang mencapai 250 hektare. Saat ini, yang sudah panen antara 30 hingga 40 persen.

    “Para petani yang telah panen itu sedang menikmati harga garam yang saat ini sedang naik," ucapnya, Jumat (4/8/2017).

    Namun kondisi ini sepertinya tidak akan berlangsung lama karena saat ini pemerintah membuka keran impor garam. Pihaknya meminta, sebaiknya impor garam dibatasi. Jangan sampai berdampak pada garam lokal karena kalau terlalu banyak garam impor, maka garam lokal tidak akan ada harganya lagi.

    Pemerintah juga sebaiknya memerhatikan nasib petani garam, yang saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan produktivitas. "Jangan sampai, usaha ini kembali terpuruk hanya karena serbuan garam impor," tuturnya.

    Sementara itu kelangkaan garam di tingkat petani berdampak pada industri rumahan pengolahan ikan. Kabid Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Karawang Abuh Bunyamin mengatakan, ada 5.100 masyarakat yang berprofesi sebagai pengolah ikan.

    “Karena kelangkaan garam ini, para pengolah ikan merasakan dampaknya. Sebab, mereka harus membeli garam yang tadinya hanya Rp 600, kini menjadi Rp 1.500 sampai Rp 2.000 per liter. Sedangkan, harga ikan pindang yang di jualnya tidak naik,” tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Waspadai Perdagangan Anak di Situs Lelang Perawan
    Kemarau, Sejumlah Mata Air di Karawang Mengering
    Tiang Penyangga Jembatan  Roboh Satu Pekerja Tewas
    Pascakebakaran Pedagang Pasar Leles Berjualan Lagi
    Wali Kota Persilahkan Selidiki Kasus Proyek Pasar
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google