web stats service from statcounter

Hot News

  • PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    • 16 Agustus 2017 | 18:07:00 WIB

    STRIKER Persib Tantan masih belum terlihat berlatih dengan tim Maung Bandung pada sesi latihan kedua di Lapangan Lodaya, Rabu (16/8/2017).

Inspirasi

    Pemkab Ciamis Bentuk Kampung Siaga Bencana
    net

    Pemkab Ciamis Bentuk Kampung Siaga Bencana

    JuaraNews, Ciamis –Pemkab Ciamis membentuk Kampung Siaga Bencana di daerah yang rawan terjadi bencana. Pasalnya Kabupaten Ciamis merupakan daerah paling rawan bencana ke-6 di Jawa Barat dan ke-16 secara nasional.

    Pada tahun 2015, kampung siaga bencana dibentuk di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, dan tahun 2017 kampung siaga bencana dibentuk di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog.

    “Pembentukan kampung siaga bencana ini sebagai upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” kata Kepala Bidang Bantuan dan Perlindungan Sosial (Balinsos) Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Wawan Setiawan SH M.Si, Jumat (4/8/2017).

    Dia menyebutkan sejumlah bencana alam seperti banjir, pergerakan tanah, longsor, puting beliung dan lainya kerap terjadi di beberapa wilayah yang rawan bencana. Kampung siaga bencana Desa Ciparay merupakan program dari Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Ciamis. Tujuan pembentukan KSB ini agar masyarakat siap dan partisipatif dalam tindakan penanggulangan bencana.

    "Desa Ciparay merupakan wilayah rawan bencana banjir, setiap hujan besar air naik dari Sungai Ciseel dan membanjiri permukiman warga," ucapnya.

    Untuk itu pembentukan kampung siaga bencana ini diharapkan akan membuat masyarakat siap dalam menanggulangi bencana paling awal sebelum datang bantuan dari luar. Relawan kampung siaga bencana pun sudah disiapkan sekitar 150 orang berasal dari masyarakat Ciparay.

    Mereka sudah dilatih selama tiga hari 27, 28 dan 29 Juli 2017 kemarin oleh pemateri ahli tentang tata cara penanggulangan bencana seperti cara mendirikan selter (tenda), membuat dapur umum, cara pertolongan pertama dan sebagainya. "Relawan KSB juga langsung mempraktikan cara penanggulangan bencana lewat simulasi bencana banjir,” imbuhnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    JPU tak Persoalkan Ketidakhadiran Ahok
    PAN Siapkan 3 Kader untuk Calon Wakil Gubernur
    Siap Bekoalisi, PKB Sodorkan Calon Wakil Gubernur
    Demiz: Sekarang Sudah 99,99 Persen
    Kemarau, Sawah di Karawang Banyak Dibiarkan
    Berita Terdahulu

    Advertisement On Google