web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Pemkab Ciamis Bentuk Kampung Siaga Bencana
    net

    Pemkab Ciamis Bentuk Kampung Siaga Bencana

    JuaraNews, Ciamis –Pemkab Ciamis membentuk Kampung Siaga Bencana di daerah yang rawan terjadi bencana. Pasalnya Kabupaten Ciamis merupakan daerah paling rawan bencana ke-6 di Jawa Barat dan ke-16 secara nasional.

    Pada tahun 2015, kampung siaga bencana dibentuk di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, dan tahun 2017 kampung siaga bencana dibentuk di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog.

    “Pembentukan kampung siaga bencana ini sebagai upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” kata Kepala Bidang Bantuan dan Perlindungan Sosial (Balinsos) Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Wawan Setiawan SH M.Si, Jumat (4/8/2017).

    Dia menyebutkan sejumlah bencana alam seperti banjir, pergerakan tanah, longsor, puting beliung dan lainya kerap terjadi di beberapa wilayah yang rawan bencana. Kampung siaga bencana Desa Ciparay merupakan program dari Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Ciamis. Tujuan pembentukan KSB ini agar masyarakat siap dan partisipatif dalam tindakan penanggulangan bencana.

    "Desa Ciparay merupakan wilayah rawan bencana banjir, setiap hujan besar air naik dari Sungai Ciseel dan membanjiri permukiman warga," ucapnya.

    Untuk itu pembentukan kampung siaga bencana ini diharapkan akan membuat masyarakat siap dalam menanggulangi bencana paling awal sebelum datang bantuan dari luar. Relawan kampung siaga bencana pun sudah disiapkan sekitar 150 orang berasal dari masyarakat Ciparay.

    Mereka sudah dilatih selama tiga hari 27, 28 dan 29 Juli 2017 kemarin oleh pemateri ahli tentang tata cara penanggulangan bencana seperti cara mendirikan selter (tenda), membuat dapur umum, cara pertolongan pertama dan sebagainya. "Relawan KSB juga langsung mempraktikan cara penanggulangan bencana lewat simulasi bencana banjir,” imbuhnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ini Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2019
    14 Parpol Resmi jadi Peserta Pemilu 2019
    Angkut Wisatawan Bus Pariwisata Terbakar di Subang
    Bermain di Curug Cikaso Warga Tewas Tenggelam
    Imlek, Jalur Bandung-Garut dan Sebaliknya Padat
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      JUMAT (16/2/2018) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

      Advertisement On Google