web stats service from statcounter

Hot News

  • PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    • 16 Agustus 2017 | 18:07:00 WIB

    STRIKER Persib Tantan masih belum terlihat berlatih dengan tim Maung Bandung pada sesi latihan kedua di Lapangan Lodaya, Rabu (16/8/2017).

Inspirasi

    Pemkot Salurkan Kredit tanpa Agunan lewat Masjid
    net Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

    Pemkot Salurkan Kredit tanpa Agunan lewat Masjid

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung akan meluncurkan program kredit tanpa agunan yang disalurkan melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dengan nama Kredit Masjid Sejahtera (Mesra).

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, kredit yang dikelola Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung tersebut dimaksudkan untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan tersebut. Dalam pelaksanannya, sekitar 4.000 masjid akan menjadi penyalur kredit tanpa riba ini.

    “Dalam waktu seminggu, kita akan melahirkan inovasi baru, yaitu kredit yang disalurkan lewat masjid namanya kredit Mesra. Nanti kita (buat) MoU (memorandum of understanding) dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia Kota Bandung), kredit lewat masjid ini. Syaratnya tidak pakai bunga, tidak ada agunan,” kata Emil di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Kamis (3/8/2017).

    Emil memaparkan, teknis peminjaman dalam program itu akan terlebih dahulu dibicarakan dengan MUI dan BPR. Berbeda dengan kredit Melati yang sebelumnya telah diluncurkan, program kredit Mesra berbasis sosial, artinya warga harus melakukan peminjaman dana secara berkelompok.

    “Kredit sosial ini contohnya dia harus daftar berlima. Satu orang macet, empat lainnya harus tanggung jawab,” jelasnya.

    Melalui program ini, masyarakat bisa mengajukan kredit untuk usaha kecil dengan nilai antara Rp1 juta hingga Rp30 juta dengan syarat menyerahkan KTP, Kartu Keluarga, dan serta kelengkapan administrasi lain.

    “Untuk melakukan mekanisme penyaluran keuangannya, ke dalam bentuk koperasi di masjid. Sehingga masyarakat Kota Bandung akan semakin soleh dan masyarakat miskinnya terangkat dengan program inovasi ini,” ungkap Emil. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Akan Ledakan Istana,5 Teroris Ditangkap di Bandung
    By Pass Dicor, Warga Diimbau Cari Jalan Alternatif
    Khaerul Umam, Benahi Bandung Dimulai dari Keluarga
    NasDem Perkenalkan 6 Bakal Calon Wali Kota Bandung
    Sekda Kota Bandung Raih Gelar Doktor dari Unpad
    Berita Terdahulu

    Advertisement On Google