web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Tahun Ini, Harga Sapi Kurban Diprediksi Naik
    net

    Tahun Ini, Harga Sapi Kurban Diprediksi Naik

    JuaraNews, Ciamis – Harga sapi kurban untuk tahun ini diprediksi akan lebih mahal dibandingkan tahun lalu. Hal ini terkait dengan semakin dekatnya peringatan Hari Raya Idul Adha 1438 H atau perayaan kurban 2017.

    Kondisi itu terjadi karena pedagang sapi lokal harus bersaing dengan bandar besar. Para bandar besar tersebut melakukan perburuan langsung ke peternak di daerah-daerah. Akibatnya banyak sapi dari Ciamis yang didistribusikan ke luar wilayah. 

    "Kami kalah bersaing dengan bandar besar dari luar daerah. Mereka memborong sapi dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan yang kami tawarkan. Otomatis pemilik memilih menjual dengan harga tertinggi," tutur Pengurus Kelompok Peternak Sapi Santana, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Dian, Rabu (2/8/2017).

    Para bandar besar itu mendatangi daerah yang selama ini menjadi pemasok sapi. Misalnya di Kecamatan Rancah, yang terkenal dengan sapi Rancah atau sapi Pasundan. Selain itu juga mendatangi pasar hewan yang ada di Ciamis maupun wilayah sekitarnya. 

    Saat ini, harga sapi lebih mahal dibandingkan tahun sebelumnya. Sapi lokal dengan berat sekitar 300 kilogram dalam kondisi hidup, mencapai Rp 14,5 juta sampai Rp 16 juta.  Padahal, untuk ukuran sapi yang sama tahun lalu, hanya sekitar Rp 12 juta - 13 juta.

    "Bandar besar berani membeli dengan harga di atas Rp 15 juta. Mereka kembali menjual di Jakarta atau Bandung dengan harga mencapai Rp 18 juta," sebutnya. (*)

     

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    SBY: Pemerintah, BIN, TNI, dan Polri Harus Netral
    SBY: Deddy-Dedi yang Terbaik & Mampu Pimpin Jabar
    Bawaslu Siap 'Melek' 24 Jam Awasi Pilkada di Jabar
    Kawal Pilkada di Jabar, Bawaslu Diminta Netral
    40 Persen Massa PPP Siap Dukung Deddy-Dedi
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.

      Advertisement On Google