web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Sampah di TPAS Ciparay Diolah Jadi Gas Metana
    net

    Sampah di TPAS Ciparay Diolah Jadi Gas Metana

    JuaraNews, Bandung – Pemkab Bandung mulai memanfaatkan sampah di TPAS Babakan Ciparay menjadi gas metana. Nantinya pemanfaatan gas metana itu akan dipakai sebagai energi (gas elpiji) yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk di sekitar lokasi TPAS tersebut. 

    Pemanfaatan gas metana dari tumpukan sampah yang sudah ditimbun tanah menjadi gas elpiji untuk kebutuhan rumah tangga itu diresmikan Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser didampingi Kepala Dinas Limgkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Bandung, Asep Kusumah.

    “Pemanfaatan gas metana dari tumpukan sampah TPAS Babakan itu sebagai bentuk kreativitas dan meningkatkan kinerja Dinas LHK Kabupaten Bandung dalam menuju bersih sampah 2020,” kata Dadang, Selasa (1/8/2017).

    Dadang mengatakan hal itu sebagai bentuk kebersamaan dalam pemeliharaan lingkungan karena sampah bisa menjadi uang dan warga juga tidak membuang sampah sembarangan. 

    Apalagi selain memanfaatkan gas metan, sampah yang menggunung tersebut bisa dibuat briket atau sejenis batu bara. “Panas dari briket ini bisa diolah menjadi energi listrik,” tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jokowi Yakin Danau Retensi Bisa Tanggulangi Banjir
    Besok, Jalan Tol Soroja Diresmikan Presiden Jokowi
    1.620 Korban Banjir Kab Bandung Padati Pengungsian
    2018, Danau Retensi di Ceunteung Ditarget Rampung
    5.806 Rumah di Kab Bandung Masih Terendam Banjir
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018