web stats service from statcounter

Hot News

  • Tekad Melanjutkan Tren Positif
    Tekad Melanjutkan Tren Positif
    • 24 September 2017 | 06:55:00 WIB

    LAGA antara Persib menjamu Bhayangkara FC di Stadion si Jalak Harupat, Minggu (24/9/2017) sore ini, bakal menjadi pembuktian bagi kedua tim.

Inspirasi

    DPR Minta Pemerintah Perhatikan Petambak Garam
    net

    DPR Minta Pemerintah Perhatikan Petambak Garam

    • Selasa, 1 Agustus 2017 | 21:14:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sukabumi – DPR RI telah mendorong pemerintah pusat untuk menyediakan anggaran untuk pemberdayaan petambak garam.

    Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron mengatakan daya dukung anggaran sangat diperlukan agar petambak garam bisa maju. "Potensi garam Indonesia sangat melimpah sehingga kami mendorong agar memberdayakan nelayan untuk membentuk kelompok dan membuat industri rumah tangga pembuatan garam," ucapnya di sela Sosialisasi Perturan Perundang-Undang Kelautan dan Perikanan di aula Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

    Selama ini, garam rakyat dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena terdoktrin kualitasnya yang tidak baik. Ternyata doktrin tersebut merupakan ulah importir agar bisa memasukkan garam dari luar negeri sehingga yang dirugikan adalah petambak garam dalam negeri karena harganya tidak bisa terdongkrak.

    Bahkan jika musim panen garam mentah harganya hanya Rp280/kilogram, namun untuk sekarang rata-rata Rp1.250/kg untuk tingkat petambak ke pengepul, namun jika sudah sampai ke pasaran menjadio Rp2 ribu/kg. “Hasil pemantauan garam rakyat ini ternyata kualitasnya sama seperti garam impor,” kata Herman.

    Potensi tersebut harus dimanfaatkan oleh para nelayan dan petambak garam kecil dengan membuat industri rumah tangga. Jika tidak ada modal, maka pemerintah siap mengucurkan bantuan seperti pinjaman tanpa agunan maupun pemberdayaan lainnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Waspadai Perdagangan Anak di Situs Lelang Perawan
    Kemarau, Sejumlah Mata Air di Karawang Mengering
    Tiang Penyangga Jembatan  Roboh Satu Pekerja Tewas
    Pascakebakaran Pedagang Pasar Leles Berjualan Lagi
    Wali Kota Persilahkan Selidiki Kasus Proyek Pasar
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google