web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Polisi Usut Kasus Air PDAM Berwarna Merah
    net Petugas menunjukan air PDAM yang berwarna merah

    Polisi Usut Kasus Air PDAM Berwarna Merah

    JuaraNews, Bandung – Ditreskrimum Polda Jabar dan Polrestabes Bandung terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus air PDAM Tirtawening Kota Bandung yang berwarna merah.

    Direktur Reskrimum Polda Jabar Kombes Pol Umar Surya Fana mengatakan, penyelidikan kasus air PDAM berwarna merah yang terjadi di kawasan Jalan Panjunan, Astanaanyar Kota Bandung pada Jumat (14/7/2017) lalu tersebut, dilakukan bersama dengan Polrestabes Bandung. Polda Jabar membantu tim Inasif bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Bandung untuk memeriksa kandungan di dalam air tersebut.

    “Dinas LH-lah yang menentukan apakah air berwarna merah itu mengandung zat beracun atau tidak. Baru pidananya muncul. Jadi leading sector-nya dari LH. Karena itu kan kaitannya dengan kerugian dan keselamatan konsumen. Sampai sekarang, kami belum tahu ada pidananya atau tidak,” kata Umar kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (27/7/2017).

    Disinggung soal dugaan sabotase, menurut Umar, hal itu masih jauh untuk disimpulkan. Saat ini, polisi masih menyelidiki kandungan di dalam air berwarna merah itu.

    “Harus ditentukan kandungan di dalam air PDAM yang berwarna merah itu beracun atau tidak dan sebagainya. Baru dipilah penyebabnya apa. Apakah sabotase, iseng, atau apa. Jangankan sabotase, di situ ada kandungan beracun saja sudah masuk ke ranah pidana. Kalau sabotase kan berarti ada niat,” ungkap dia.

    Menurut Umar, dilihat dari hulu ke hilir, jika air berwarna merah itu berasal dari pusat pengolahan air, seharusnya dirasakan oleh seluruh pelanggan PDAM. Tetapi dalam kasus ini, tidak. Air berwarna merah hanya terjadi di wilayah Gang Hidayah Jalan Panjunan. “Makanya saat ini, sedang kami cek sumber atau titiknya itu di mana, ada kandungan beracunnya atau tidak, dan niatnya apa?” tandas Umar.

    Sebelumnya, 9 pelanggan PDAM Tirtawening di kawasan Gang Hidaya, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanya pada Jumat 14 Juli 2017, mendapati air PDAM di rumah mereka berwarna merah seperti sirup. Warga sempat merekam air merah itu dalam video dan mengunggahnya ke media sosial. Kasus ini pun heboh. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Transportasi Online Tetap Boleh Beroperasi
    Transportasi Online Beroperasi Lagi, Sabtu Besok
    Serempet 5 Motor, Sopir Brio Nyaris Diamuk Massa
    Ini Syarat Bakal Cagub Jabar dari PAN
    Netty Heryawan Ikut Lomba Maraton 21 Kilometer
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018