web stats service from statcounter
 Setelah Bebas, Andi Ingin Menulis Buku soal Gaple
net Andi menunjukkan surat pembebasannya

Setelah Bebas, Andi Ingin Menulis Buku soal Gaple

JuaraNews, Bandung - Mantan Menteri Olahraga (Mempora) Andi Mallarangeng menandatangani dan menerima surat pembebasannya di Kantor Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung, Jalan Ibrahim Aji (Kiaracondong) Kota Bandung, Rabu (19/7/2017) malam.

Terpidana kasus korupsi SOR Hambalang ini datang bersama istri. Dia ditemui oleh Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Bandung Budiana. Setelah berbincang beberapa saat, Andi dan istri masuk ke dalam ruangan. Di dalam, Andi menandatangani surat pengakhiran massa cuti menjelang bebas (CMB) selama 3 bulan sejak April 2017. Artinya, kini politisi Partai Demokrat tersebut menjadi manusia bebas dan merdeka.

Kepada wartawan yang telah menunggunya sejak sore, Andi mengaku sangat bahagia bisa kembali menghirup udara bebas. Selama 4 tahun menjalani pembinaan di Lembaga Pemasyarkatan (Lapas) Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Andi merasa mendapatkan nilai-nilai positif.

Ditanya tentang rencana setelah bebas, Andi mengaku akan menulis buku tentang permainan gaple. Menurut dia, permainan gaple memiliki unsur ilmiah. Buku tentang gaple tersebut terinspirasi saat dia menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin.

"Buku tentang gaple insya Allah akan saya selesaikan dalam waktu dekat. Saya akan membuat permainan ini menjadi lebih ilmiah," kata Andi seusai menerima surat pembebasan di Kantor Bapas Bandung.

Andi menilai, permainan gaple merupakan salahsatu olahraga otak, selain catur.Gaple juga sangat popuper di masyarakat Indonesia. "Gaple tidak ada notasi. Sedangkan catur dan bridge punya. Jadi belum pernh ada yang nulis tentang gaple," ujar dia.

Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan ini mengemukakan, ingin menjadi pioner dalam membuat notasi gaple agar permainan ini dapat direkonstruksi ulang dan bahan analisi ilmiah. "Saya sufdah menciptakan notasi permainan gaple," tutur Andi.

Diketahui, Andi divonis 4 tahun penjara dan denda Rp200 juta oleh Pengadilan Tipikor Jakarta pada 2014. Andi resmi ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Kamis 17 Oktober 2013 saat proses penyidikan.‎ Andi terbukti melakukan korupsi sebesar Rp2 miliar dan US$550 ribu terkait proyek Hambalang. Vonis Andi lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum KPK, yakni 10 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 6 bulan penjara. (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kader PKK Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0
ASN Kota Bandung Berlenggak-Lenggok Bak Model Profesional
Oded Bersyukur Layanan Uji KIR Bersih Dari Pungutan Liar
Pemkot Bandung Targetkan Angka Kemiskinan jadi 3,14 Persen Tahun 2023
Ratusan Santri Ikuti Porponpes Kota Bandung 2019

Editorial


  • Teladani Semangat Pahlawan
    Teladani Semangat Pahlawan

    HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

    Info Kota