web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Gara-gara Meme, Winnie the Pooh Disensor

    Gara-gara Meme, Winnie the Pooh Disensor

    JuaraNews – Sejumlah netizen di China menyindir gerakan Presiden China Xi Jinping mirip Winnie the Pooh. Akibatnya, Pemerintah China menyensor tokoh kartun beruang madu tersebut.

    Kemunculan meme tersebut berawal dari 2013, ketika foto Presiden China Xi Jinping dan Barack Obama disandingkan dengan gambar Winnie dan rekannya Tiger. Tak hanya itu, pada 2014, foto Presiden Cina bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga disamakan dengan gambar Winnie dan Eeyore si keledai.

    Gambar Presiden Xi berdiri di atap mobil pun disamakan dengan mainan anak-anak bertema Winnie the Pooh menjadi gambar paling disensor pada 2015. Meme tersebut bahkan memicu pemerintah China menambahkan kata Winnie the Pooh dalam daftar hitam pencarian internet.

    Partai Komunis China sangat sensitif terhadap penggambaran lucu terhadap pemimpin mereka. Akibat sindiran tersebut, Winnie the Pooh kena getahnya. Pooh tak disukai badan sensor China. Selama akhir pekan lalu, badan sensor China telah menghapus karakter Winnie the Pooh dari Graphics Interchange Format (GIF) animasi dan sejumlah posting-an di media sosial Sina Weibo dan aplikasi WeChat.

    Saat menggunakan karakter Little Bear Winnie, nama Winnie the Pooh versi China, akan dibalas pesan, “konten tersebut ilegal". Stiker-stiker Winnie the Pooh pun telah dihapus dari galeri resmi WeChat, tapi GIF yang datang dari pengguna masih tersedia. 

    Sekadar untuk diketahui, karakter kartun Winnie the Pooh merupakan beruang fiksi paling terkenal di dunia. Meski sedikit lamban, dia sosok baik hati. Winnie the Pooh bersahabat dekat dengan Piglet si babi kecil, Tiger si macan, Rabbit si kelinci, Kanga si kanguru, dan Eeyore si keledai. Hanya Robin, teman Winnie the Pooh yang berujud manusia. Pada 1997, PBB menetapkan beruang penggemar madu itu sebagai World's Ambassador of Friendship. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Berita Lainnya
    Suami Paksa Aborsi 4 Kali, Istri Tewas
    Pelari Ini Menang Adu Cepat Lawan Jet Tempur
    Gara-gara Meme, Winnie the Pooh Disensor
    Perempuan Ini Hancurkan Karya Seni Rp2,6 M
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.