web stats service from statcounter

Hot News

  • Tiket Persib Vs Bayangkara Mulai Dibuka
    Tiket Persib Vs Bayangkara Mulai Dibuka
    • 22 September 2017 | 10:34:00 WIB

    DUEL sengit kembali tersaji saat Persib versus Bhayangkara FC pada pekan ke-26 Go-Jek Traveloka Liga 1, Minggu 24 September 2017 di Stadion Si Jalak Harupat.

Daftar Pemain

  • DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2017
    DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2017

    DALAM mengikuti kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, tim Persib Bandung berkekuatan 27 pemain. Berikuti ini daftar lengkapnya.

    Jadwal

      Editorial

        4 Putusan Wasit yang Rugikan Persib saat Dijamu MU
        youtube Dado disikut Greg Nwokolo di kotak penali Persib

        4 Putusan Wasit yang Rugikan Persib saat Dijamu MU

        JuaraNews, Bandung - Kekalahan Persib Bandung 3-1 dari Madura United pada laga tandang Pekan 13 Liga 1 2017 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan Madura, Minggu (9/7/2017) malam, diwarnai keputusan kontroversi wasit.

        Empat keputusan wasit Kusni asal Samarinda tersebut diyakini menjadi penyebab gagalnya Maung Bandung membawa poin dari Madura. Setidaknya ada 4 keputusan penting yang mengundang kontrovesi, yang dinilai memihak kubu tuan rumah.

        Keempat keputusan yang diprotes pemain dan ofisial tim Persib tersebut, menyangkut gol yang tercipta pada laga tandang keenam Persib, yakni 2 gol yang diciptakan anak-anak Madura dan 2 gol dari skuat Maung Bandung. Bedanya, 2 gol Madura disahkan sang pengadil lapangan, sedangkan 2 gol Persib dianulir.

        Keputusan pertama memihak wasit terhadap tuan rumah, terjadi pada menit 24 saat wasit Kusni memberikan hadiah penalti kepada tim asuhan Pelatih Gomes de Oliveira. Penalti diberikan wasit setelah striker MU Greg Nwokolo jatuh di kotak terlarang. Wasit langsung meniup peluit dan menyatakan bahwa bek Persib Dedi Kusnandar telah melanggar Greg.

        Dalam tayangan ulang yang bisa disaksikan di Youtube, justru memperlihatkan sebaliknya. Greg tampak menyikut Dado dengan tangan kanannya. Setelah Dado terjatuh, Greg pun menjatuhkan diri atau diving, hingga wasit membunyikan peluitnya. Hadiah penalti pun diberikan, dan Peter Odemwingie sukses menjalankan tugasnya memperdaya kiper Persib I Made Wirawan sehingga skor berubah menjadi 1-0.

        Kontroversi kedua terkait gol gelandang Maung Bandung Raphael Maitimo pada menit 45. Namun wasit menganulirnya karena menilai Maitimo sudah dalam posisi offside saat menerima umpan dari Michael Essien. Padahal saat Essien mengirim umpan, posisi Maitimo sejajar dengan pemain belakang MU dan langsung berlari ke depan gawang untuk mengadang tendangan Maitimo. Persib pun batal menyamakan kedudukan dan laga babak I berakhir dengan skor 1-0.

        Merespon keputusan wasit tersebut, kubu Persib sempat melayangkan protes dan berujung pada terlambatnya para pemain masuk ke lapangan untuk memulai laga babak II. Namun protes anak-anak Bandung tak berpengaruh.

        "Di babak kedua kami terlambat untuk masuk, kami berharap ada evaluasi dari wasit, tapi ternyata tidak ada, dan malah berulang kali merugikan kita, itu yang membuat kita semakin down," ungkap Achmad Jufriyanto seusai laga.

        Wasit Kusni kembali membuat putusan kontroversi yang ketiga saat laga babak II baru berjalan 10 menit saat Essien menjebol gawang MU yang dikawal Herry Prasetyo. Gol dari marquee player asal Ghana dari luar kota penalti tersebut dibatalkan karena bek Persib Achmad Jufriyanto dinilai telah dalam posisi offside. Dalam tayangan ulang tampak posisi Jupe dan Tony Sucipto sejajar dengan bek MU, bahkan keduanya tidak dalam gerakan aktif untuk menyongsong bola. Sekali lagi, Persib akhirnya gagal menyamakan kedudukan.

        Kontroversi yang keempat, terjadi saat gol ketiga MU pada menit 88 yang diciptakan Greg dari assist Bayu Gatra saat posisi skor 2-1. Sebelum terciptanya gol, Greg yang terlebih dulu mengumpan bola ke arah Bayu, namun tampak dalam tayangan ulang, posisi Bayu sebenarnya sudah mendahuli 1 langkah dari Wildansyah. Namun wasit membiarkan moment tersebut, sehingga Bayu dengan leluasa memberikan assist ke arah Greg untuk menjebol gawang Made. Laga pun berakhir dengan kedudukan 3-1 untuk kemenangan MU.

        Seandainya, wasit bersikap objektif dengan mensahkan 2 gol dari Maitimo dan Essien, Persib dipastikan bisa membawa pulang setidaknya 1 poin. Apalagi jika 2 gol MU dianulir, maka Maug Bandung lah yang memenangkan laga dan membawa 3 poin ke Bandung.

        Namun Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman enggan membahas kontroversi dari keputusan wasit tersebut. Djanur menyerahkan penilaian atas kinerja wasit kepada para pencinta sepak bola yang menyaksikan langsung laga melalui layar TV.

        "Dua gol dianulir, saya serahkan penilaian kinerja wasit kepada yang menonton pertandingan, bobotoh atau penonton lainnya. Saya tak mau mengomentari itu," ucap Djanur saat jumpa persi seusai laga di Stadion Gelora Ratu Pamelingan. (*)

        Oleh: deni mulyana sasmita / den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Tiket Persib Vs Bayangkara Mulai Dibuka
        Sikapi Sanksi PSSI, Persib Lakukan Upaya Hukum
        Hanya Lakukan 1 Pergantian Pemain,Ini Alasan Emral
        Bek Bali United Sukses Redam Aksi Febri Hariyadi
        Akumulasi Kartu, Ezechiel Absen lawan Bhayangkara
        Berita Terdahulu

        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 25 52
        2 Bali United 25 49
        3 Persipura Jayapura 25 46

        Advertisement On Google