web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Air Waduk Jatigede Kurang Petani Diminta Waspada
    net

    Air Waduk Jatigede Kurang Petani Diminta Waspada

    JuaraNews, Cirebon – Debit air di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang berkurang 90 juta meter kubik dalam sebulan terakhir. Untuk itu petani di Cirebon, Indramayu, dan Majalengka, diminta untuk mengatur pola tanam

    “Petani harus mengatur musim tanam sekitar November nanti dengan adanya pengurangan debit air di Jatigede ini,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung ( BBWS Cimancis) Charizal Akdian Manu, Jumat (7/7/2017).

    Dia menjelaskan, berkurangnya air waduk Jatigede terjadi setelah digelontorkan untuk kebutuhan pengairan lahan sawah dengan debit 120 meter kubik/detik selama 16 jam per hari dalam sebulan ini.

    Dalam sebulan ini Waduk Jatigede merilis air selama 16 jam per hari, dari tadinya stok 680 juta meter kubik. Jadi saat ini tersisa sekitar 600 jutaan sehingga berkurang sekitar 90 juta meter kubik.

    "Diharapkan musim tanam ketiga berikut harus diatur lagi, jangan semua luasan tanam yang ada semua menanam lagi,” ucapnya.

    Melihat kondisi air saat ini, dengan tidak adanya kepastian penambahan suplai air dari hujan, luasan lahan tanam yang dimungkinkan maksimal adalah 43.500 ha atau setengah dari luasan lahan 87.000 ha di tiga wilayah tersebut.

    Akdian menyebutkan, sebenarnya sudah ada Surat Keputusan Bersama tiga bupati yakni Bupati Cirebon, Indramayu dan Majalengka yang mengatur soal tata  tanam di lahan, saat musim kemarau. Namun memang dalam pelaksanaannya, katanya, SKB yang ditandatangani tahun 2009 itu tidak lagi ditaati.

    "Saat ini Waduk Jatigede masih belum beroperasi 100 persen, sehingga saat ini hanya bisa menampung air sekitar 70 persen dari kapasitas maksimal," pungkasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Berita Lainnya
    Wacana Pembentukan Sumedang Barat Menguat
    Mayat Misterius Ditemukan di Perkebunan Teh
    Rem Blong, Truk Seruduk Motor Ibu dan Anak Tewas
    Tersangkut Jaring Saat Melaut Nelayan Tewas
    Pedagang Tolak Tempati Pasar Modern Limbangan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.