web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Izin HO Dihapus Pemda KBB Kehilangan Rp 1,2 Miliar
    net

    Izin HO Dihapus Pemda KBB Kehilangan Rp 1,2 Miliar

    JuaraNews, Bandung Barat – Pemkab Bandung Barat kehilangan potensi pendapatan asli daerah sekitar Rp 1,2 miliar setelah pemerintah pusat menghilangkan izin gangguan (HO).

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko mengatakan penghapusan izin HO itu didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pencabutan Peraturan Mengenai Izin Gangguan (HO).

    Dia menjelaskan setelah ada permen itu, peraturan daerah mengenai HO juga harus dicabut atau diganti. “Kami kehilangan potensi PAD dari HO yakni sekitar Rp 1,2 miliar,” sebutnya.

    Menurutnya tahun ini HO mulai dihapuskan, tapi ada PAD dari HO yang sudah masuk, sekitar Rp 400 juta. Namun setelah permen itu turun maka pihaknya tidak bisa menerima PAD lagi dari objek HO karena sudah ada payung hukumnya.

    Dijelaskannya, kendati izin HO diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung Barat, dia menyatakan, kewenangan untuk retribusi daerah terkait izin HO berada di Dinas LH.

    Namun meski kehilangan potensi PAD sekitar Rp 1,2 miliar, dia menilai, penghapusan izin HO oleh pemerintah pusat diharapkan dapat turut membawa dampak positif bagi pemerintah daerah. “Adanya harmonisasi peraturan perizinan, maka investasi di daerah diharapkan dapat ikut terpacu,” kata dia. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ketua Ganti Jabar Berpeluang Jadi Pendamping Elin
     Wabup Dorong Potensi Budidaya Ayam Hias di KBB
    Aher Sebut Foto Bencana Pangandaran di Medsos Hoax
    Uang ADD Rp 162 Juta Milik Desa Ciwaruga Dirampok
    Henry Yosodiningrat Lantik Pengurus DPC Granat KBB
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018