web stats service from statcounter

Hot News


  • Emil Setuju Nama BIJB jadi Bandara Habibe
    Emil Setuju Nama BIJB jadi Bandara Habibe
    • 16 September 2019 | 16:13:00 WIB

    RIDWAN Kamil menanggapi serius petisi penandatanganan secara online di website change.org meminta agar BIJB Kertajati diganti namanya menjadi BJ Habibie.

Inspirasi


    Idul Fitri 2017 Jatuh pada Minggu (25/6/2017)
    net ilustrasi

    Idul Fitri 2017 Jatuh pada Minggu (25/6/2017)

    JuaraNews, Jakarta - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah atau Idul Fitri 2017 jatuh pada Minggu (25/6/2017).

    Penetapan ini berdasarkan Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Sabtu (24/6/2017) petang.

    "Mulai besok pagi, kita bersama akan melaksanakan salat Idul Fitri. Dengan demikian, kita berhasil menyepakati dan menetapkan mulai malam ini kita telah memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah," kata Menteri Lukman saat jumpa pers seusai Sidang Isbat di Gedung Kemenag.

    Lukman menjelaskan, kesepakatan Sidang Isbat dibuat berdasarkan dua hal. Yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan. Sebelum Sidang Isbat, peserta sidang mendengarkan paparan posisi hilal dari seluruh wilayah Tanah Air dan penjuru dunia menjelang magrib. Menurut Lukman, setidaknya ada 6 petugas melaporkan melihat hilal.

    Sidang isbat sendiri dihadiri Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

    Pada saat yang sama, Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU) juga menyampaikan bahwa Idul Fitri 2017 jatuh pada Minggu (25/6/2017). Hal itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj setelah mendengar pemaparan lembaga Falakiah NU di Kantor PBNU, Jakarta.

    Sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menentukan 1 Syawal 1438 H jatuh pada Minggu. Maklumat itu dikeluarkan di Yogyakarta tertanggal 1 Maret 2017. Maklumat itu ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretarios Umum Abdul Mu'ti. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Emil Setuju Nama BIJB jadi Bandara Habibe
    Mahasiswa Layangkan Mosi Tidak Percaya pada Jokowi
    Gudang Brimob Jateng Meledak
    Irjen Firli Bahuri Terpilih jadi Ketua Baru KPK
    Emil Raih IDC Digital Transformation Awards 2019

    Editorial