web stats service from statcounter

Hot News

  • Tiket Persib Vs Bayangkara Mulai Dibuka
    Tiket Persib Vs Bayangkara Mulai Dibuka
    • 22 September 2017 | 10:34:00 WIB

    DUEL sengit kembali tersaji saat Persib versus Bhayangkara FC pada pekan ke-26 Go-Jek Traveloka Liga 1, Minggu 24 September 2017 di Stadion Si Jalak Harupat.

Inspirasi

    Idul Fitri 2017 Jatuh pada Minggu (25/6/2017)
    net ilustrasi

    Idul Fitri 2017 Jatuh pada Minggu (25/6/2017)

    JuaraNews, Jakarta - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah atau Idul Fitri 2017 jatuh pada Minggu (25/6/2017).

    Penetapan ini berdasarkan Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Sabtu (24/6/2017) petang.

    "Mulai besok pagi, kita bersama akan melaksanakan salat Idul Fitri. Dengan demikian, kita berhasil menyepakati dan menetapkan mulai malam ini kita telah memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah," kata Menteri Lukman saat jumpa pers seusai Sidang Isbat di Gedung Kemenag.

    Lukman menjelaskan, kesepakatan Sidang Isbat dibuat berdasarkan dua hal. Yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan. Sebelum Sidang Isbat, peserta sidang mendengarkan paparan posisi hilal dari seluruh wilayah Tanah Air dan penjuru dunia menjelang magrib. Menurut Lukman, setidaknya ada 6 petugas melaporkan melihat hilal.

    Sidang isbat sendiri dihadiri Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

    Pada saat yang sama, Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU) juga menyampaikan bahwa Idul Fitri 2017 jatuh pada Minggu (25/6/2017). Hal itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj setelah mendengar pemaparan lembaga Falakiah NU di Kantor PBNU, Jakarta.

    Sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menentukan 1 Syawal 1438 H jatuh pada Minggu. Maklumat itu dikeluarkan di Yogyakarta tertanggal 1 Maret 2017. Maklumat itu ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretarios Umum Abdul Mu'ti. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Bupati Tetapkan Garut Utara jadi Kawasan Industri
    Aher Tebar 4,2 Benih Ikan di Waduk Jatigede
    Kekeringan, Warga Garut Cari Air ke Sungai
    Petugas OTT Oknum PNS Perizinan di Bekasi
     Korban Banjir Garut Dapat Bantuan Rumah
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google