web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Puluhan Guru Diduga Jadi Korban Penipuan Bank
    net

    Puluhan Guru Diduga Jadi Korban Penipuan Bank

    JuaraNews, Bandung - Puluhan guru penerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau sertifikasi guru di Kabupaten Bandung diduga telah tertipu. Modusanya, para guru tersebut menerima uang pinjaman namun tidak sesuai dengan pengajuan dengan bermodalkan sertifikat TPG tersebut.

    Tidak hanya itu praktik rentenir berkedok Bank Perkreditan Rakyat (BPR) berinisial BMP yang beralamat di Jalan Buah Batu Kota Bandung juga menjerat guru. Dimana buku rekening untuk menerima TPG mereka diambil alih dan diwajibkan membuka rekening baru di bank tersebut.

    "Saya didatangi guru yang mengeluhkan pengajuan pinjaman yang mereka buat ke BPR BMP di Kota Bandung yang diduga telah melakukan penipuan,” tutur Kabid Data dan Informasi Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Yayat Hendayana, Kamis (22/6/2017).

    Dia mencontohkan, misalnya dari paket pinjaman Rp 85 juta, peminjam cuma menerima Rp 28 juta, Rp 20 juta bahkan ada yang cuma menerima Rp 18 juta. Padahal para guru tetap harus membayar cicilan selama 48 bulan dengan suku bunga 24%. "Bunga itu jelas sangat tinggi dan mencekik,” kata dia.

    Pengajuan pinjaman ini menggunakan jaminan berupa fotokopi sertifikat pendidikan dan buku rekening asli milik para guru tersebut. Dalam pelaksanaannya, diduga ada beberapa isian dalam formulir yang tidak diisi oleh pihak bank. Diduga dalam permohonan itu terdapat kalimat yang menyatakan pemohon pinjaman menyetujui pemindahan rekening dari yang bersangkutan kepada bank tersebut.

    Sehingga rekening sertifikasi guru para pemohon ini dipegang dan dialihkan ke rekening pihak bank tersebut. "Ini sangat rawan, karena bisa saja ada dana bantuan lain atau transfer dari pihak lain yang masuk ke rekening guru tersebut," imbuhnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    5.806 Rumah di Kab Bandung Masih Terendam Banjir
    Warga Cieunteung akhirnya Terima Uang Ganti Rugi
    Basement Air Pagarsih Ditarget Selesai Desember
    Penerapan Permen LH P39 di Gunung Rakutak Diprotes
    Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Soroja
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Pilwalkot Bandung 2018