web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Ramadan Tahun ini, PMKS di Kota Bandung Menurun
    net

    Ramadan Tahun ini, PMKS di Kota Bandung Menurun

    JuaraNews, Bandung - Selama bulan Ramadan tahun ini jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Bandung mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

    Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan, tahun ini pihaknya dengan sejumlah instansi terkait memang mengintensifkan pengawasan terhadap titik-titik yang rawan terhadap keberadaan PMKS. Seperti dari Dinsos ada 37 orang, Satpol PP 42 orang dan Polda Jabar sebanyak 60 orang.

    “Dari hal tersebut berdampakn kepada berkurangnya PMKS dan penuhnya rumah singgah," kata Tono, Selasa (20/6).

    Dia mengingatkan bagi warga luar Kota Bandung yang ingin menjadi PMKS menjadi berpikir dua kali karena banyaknya operasi yang dilakukan. Mereka yang terjaring dalam penjaringan tersebut akan mendapatkan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku. “Hampir setiap hari kami terus bergerak untuk melakan monitoring,” sambungnya.

    Namun dalam persoalan PMKS ini, pemerintah memiliki tanggung jawab. Sehingga negara harus hadir dalam memberikan edukasi baik berupa pelatihan dan UMKM. Terkait dengan data kemiskinan, pihaknya menyediakan pelayanan stop service sehingga semua terkait persoalan tersebut.

    "Jumlah warga miskin di Kota Bandung mencapai 117 ribu Kepala Keluarga (KK) atau 422 ribu jiwa berdasarkan data dasar 2017 yang sudah disahkan sebagai data kemiskinan. Data ini akan berubah setiap tahun akan berubah dan disurvei terus dua kali dalam setahun," ujarnya.

    Sementara bagi yang belum terdata sebagai warga miskin, dapat melalui musyawarah kelurahan lalu dilaporkan ke Dinsos. Sesudah itu, baru ke Wali Kota  dan terakhit ke Kementrian Sosial, jadi dalam satu tahun jumlahnya bisa berubah dan dinamis. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wings Air Siap Layani Rute Halim-Wiriadinata
    Tenang, Stok Daging Sapi di Kota Bandung Aman
    2.489 Keluarga Dapat Bantuan Pangan Non Tunai
    Aher Didaulat Jadi Khotib Salat Id di Gasibu
    Pemkot Serahkan Pembangunan Kiaracondong ke PT MCP
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      AWAL Ramadan 143 Hijriah jatuh pada Jumat (26/5/2017) malam. Dengan demikian, Sabtu (27/5/2017) umat Islam di Indonesia sudah mulai berpuasa.

      Pilwalkot Bandung