web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar

    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar

    JuaraNews – Salah satu persoalan yang dihadapi kota besar adalah, makin mahalnya harga properti. Selain Tokyo, New York, London, dan Paris, kota dengan biaya hidup tinggi serta harga properti selangit adalah, Hong Kong.

    Jangankan rumah atau apartermen, untuk tempat parkir pun menjadi suatu yang mewah bagi warga Hong Kong. Tingginya harga properti di kota itu membuat kepemilikan lahan parkir pribadi menjadi prestis tersendiri.

    Mahalnya lahan parkir dan tingginya tarif parkir di Hong Kong membuat para pemilik mobil harus benar-benar kaya untuk dapat memiliki kendaraan roda empat tersebut. Baru-baru ini, warga Hong Kong Kwan Wai-ming membeli lahan parkir seluas 17,5 meter persegi untuk mobil pribadinya dengan harga fantastis.

    Kwan Wai-ming harus mengeluarkan dana hingga USD 664,300 (Rp8,8 miliar) untuk tempat parkir tersebut pada Rabu (31/5). Lahan parkir termahal di dunia itu berada di kompleks apartemen Upton, Hong Kong.

    Bahkan, harga lahan parkir itu melebihi harga apartemennya yang hanya USD538,554 (Rp7,16 miliar). Apartemen Kwan terdiri atas dua kamar tidur berlokasi di Sha Tin dan luasnya hanya 26 meter persegi.

    Ricky Tang, Direktur Senior di Ricacorp Properties menjelaskan, tingginya nilai properti di Hong Kong membuat kepemilikan lahan parkir mahal sebagai status simbol. “Mereka yang membeli apartemen dengan harga lebih dari USD6,4 juta (Rp85 miliar) tidak akan memarkirkan mobilnya di tempat parkir umum,” papar Ricky seperti dilansir UPI.

    “Sulit dikatakan apakah pembelian lahan parkir ini layak atau tidak. Pembeli melihatnya sebagai kebutuhan dan mereka mampu memilikinya,” sambungnya.

    Hong Kong menjadi pusat investasi keuangan bagi para orang kaya asal China. Situasi ini berdampak pada sektor investasi lain yang ikut tumbuh seperti properti sehingga harga penjualan properti, khususnya apartemen di Hong Kong sangat mahal.

    Hong Kong merupakan wilayah dengan pasar properti termahal di dunia. Harga rumah pribadi telah menyentuh rekor tertinggi selama enam bulan berturut-turut. Kwan Wai-ming bekerja pada Huarong Invesment Stock Corporation Ltd, perusahaan keuangan yang terdaftar di bursa saham Hong Kong. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan Huarong Asset Management Company Ltd.

    Wong Leung-sing, direktur peneliti dari Centaline Property Agency mengatakan dia tidak terkejut dengan tingginya harga tersebut. “Permintaan dan penawaran untuk lahan parkir sudah pada tahap di luar keseimbangan,” ujar Wong seperti dilansir Reuters.

    Sebelumnya Kwan juga pernah membeli lahan parkir seharga USD615,467 (Rp8,2 miliar) di 55 Conduit Road pada Oktober 2016. Pada Januari lalu Kwan membeli dua lahan parkir seharga 3,78 juta dolar Hong Kong (Rp6,45 miliar) dan 3,98 juta dolar Hong Kong (Rp6,8 miliar). Kedua lahan parkir itu berada di kompleks apartemen Upton di wilayah Sai Ying Pun. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kasus Unik. Keledai Makan McLaren 650S Spider
    Sedang Foto Pernikahan, Pria Ini Tolong Anak-anak
    Robot Kecoa Bantu Manusia saat Bencana
    Lihat Penampakan, Dua Anjing Ketakutan
    Kota Kuno Qalatga Darband Ditemukan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.