web stats service from statcounter

Hot News

  • PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    • 16 Agustus 2017 | 18:07:00 WIB

    STRIKER Persib Tantan masih belum terlihat berlatih dengan tim Maung Bandung pada sesi latihan kedua di Lapangan Lodaya, Rabu (16/8/2017).

Inspirasi

    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka

    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka

    JuaraNews – Seniman bisa membuat benda-benda tak berharga menjadi bernilai. Seperti Toshihiko Hosaka, seniman patung asal Jepang ini. Di tangan Toshihiko, pasir pantai disulap menjadi karya seni menakjubkan.

    Toshihiko mampu menciptakan beberapa patung pasir dengan desain sangat rumit, rinci, dan halus. Bahkan jika dilihat dari kejauhan, patung-patung ini seperti terbuat dari batu.

    Pria yang suka bereksplorasi dengan pasir ini merupakan alumnus jurusan patung di Fakultas Seni Rupa Universitas Nasional Tokyo pada 1998. Dia telah menekuni seni patung pasir ini sejak 20 tahun lalu atau sejak masih duduk di bangku sekolah.

    Kini, dia mampu menciptakan karya patung pasir dalam ukuran besar tanpa bantuan cetakan dan perekat. “Saya hanya memerlukan pasir dalam jumlah banyak dan alat pahat. Saya menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan terkadang sampai beberapa hari untuk mengubah tumpukan pasir lembab menjadi mahakarya,” kata Toshihiko dilansir Spoon Tamago.

    Hasil yang diperlihatkan selalu membuat terpesona orang-orang yang melihatnya. Hal yang paling disayangkan adalah seni pasir ini bersifat sementara. Oleh karena itu, untuk memastikan karya Hosaka akan bertahan lebih lama dari biasanya, dia menyemprotkan zat khusus yang akan mengeraskan bagian terluar patung pasir.

    Tak hanya itu, zat ini juga akan melindunginya beberapa hari ke depan dari sinar matahari, angin atau hujan yang akan membuatnya rusak. Beberapa tahun sebelumnya, dia menjalin kerjasama dengan perusahaan kimia untuk menciptakan zat khusus “semprotan patung pasir” yang ramah lingkungan. Zat ini diciptakan demi mencapai kesempurnaan dalam karyanya.

    Toshihiko Hosaka adalah salah satu seniman patung pasir paling berbakat di dunia saat ini. Dia sering berpartisipasi dalam berbagai kompetisi seni pasir di sejumlah negara. Seperti saat Festival Seni Pasir Internasional di Fulong, Taiwan pada bulan lalu, dia berhasil meraih juara pertama.

    Patung pasir berbentuk sosok legenda samurai Jepang, Musashi Miyamoto membawanya menjadi pemenang lomba. Toshihiko menyisihkan 22 pematung pasir profesional lainnya. Tema dari kompetisi ini adalah Pahlawan. Toshihiko menghabiskan waktu 3 hari untuk mengukir sosok legenda samurai pahlawan Jepang ini.

    Toshihiko menampilkan sosok legenda yang berasal dari abad ke-16 dalam keadaan duduk dengan santai dan pedang terselip di bawah ikat pinggangnya. Karya-karya Toshihiko sebelumnya dapat kita temui melalui situs online pribadinya. Hosaka tetap melanjutkan aktivitasnya di dalam dan luar Jepang. Dia juga membuat patung untuk keperluan film maupun untuk dijual di toko.

    Dia bersedia berbagi ilmu dengan membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin mempelajari seni patung pasir tersebut. Toshihiko pun memberikan pelatihan tentang cara mematung pasir. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Suami Paksa Aborsi 4 Kali, Istri Tewas
    Pelari Ini Menang Adu Cepat Lawan Jet Tempur
    Gara-gara Meme, Winnie the Pooh Disensor
    Perempuan Ini Hancurkan Karya Seni Rp2,6 M
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Berita Terdahulu