web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Atasi Banjir Pasar Elevated Dibangun di Rancaekek
    net

    Atasi Banjir Pasar Elevated Dibangun di Rancaekek

    JuaraNews, Bandung – Pemerintah pusat akan segera menangani banjir musiman yang kerap melanda Jalan Raya Rancaekek, Kabupaten Bandung. Nantinya penanganan akan difokuskan pada perbaikan drainase, peninggian jembatan, normalisasi sungai, dan pembuatan pasar elevated.

    "Sebenarnya ada beberapa alternatif. Tapi kalau dibongkar sekarang tidak akan selesai Lebaran jadi baru akan dikerjakan setelah lebaran nanti,” ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto. 

    Arie menyebutkan salah satu penyebab banjir adalah adanya ruas yang terkena bangunan pabrik, tetapi kini sudah kembali dilebarkan. Kemudian, diduga gorong-gorong saat ini sudah tak mampu menampung ketika musim hujan.

    Selain perbaikan drainase dan gorong-gorong, normalisasi dua sungai pun tengah dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citarum-Cisanggarung. "Normalisasi Sungai Cikande dan Cikijing itu dalam 10 program pengendalian Sungai Citarum," tuturnya.

    Keberadaan pasar tumpah juga memperparah kondisi lalu lintas di kawasan Rancaekek ini. Untuk menanggulanginya, pihaknya akan membangun pasar elevated seperti Skywalk Cihampelas Kota Bandung. Dia akan meminta sedikit lahan dari Pemerintah Kabupaten Bandung untuk tempat pemberhentian kendaraan atau angkutan kota sehingga tak mengganggu lalu lintas di jalur utama.

    "Kalau ada pasar, ada kendaraan yang berhenti juga jadi pasti akan macet. Untuk itu kami mengusulkan dibuat pasar elevated dan itu akan kami bicarakan dengan Pemkab Bandung,” tandasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Penerapan Permen LH P39 di Gunung Rakutak Diprotes
    Presiden Jokowi akan Resmikan Tol Soroja
    Pendaftaran Panwascam di 21 Kecamatan Diperpanjang
    Jadi Langganan Bencana Bupati Minta Warga Siaga
    Sejumlah Wilayah di Kabupaten Bandung Banjir
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018