web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Dana Hibah Ormas/LSM di KBB Cair Sebelum Lebaran
    net

    Dana Hibah Ormas/LSM di KBB Cair Sebelum Lebaran

    JuaraNews, Bandung Barat - Pemkab Bandung Barat akan mencairkan dana hibah untuk sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam sebelum Lebaran. Besaran dana hibah bervariasi bergantung pada jumlah dan cakupan massa ormas.

    “Kalau untuk ormas Islam yang besar seperti NU, dana hibah bisa mencapai Rp 100 juta. Tapi kalau ormas yang kecil mendapatkan sekitar Rp 25 juta,” kata Kepala Seksi Ketahanan dan Kelembagaan Politik pada Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Bandung Barat Galih Kholista Rahmat, Jumat (9/6/2017).

    Menurutnya dana hibah ormas Islam mulai tahun ini disalurkan melalui Kesbangpolinmas. Sebelumnya, disalurkan oleh Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos). Saat ini, tercatat 114 ormas dan lembaga swadaya masyarakat dan 35 di antaranya merupakan ormas Islam.

    Pencairan dana hibah ini, lanjut dia, dilakukan secara rutin setiap tahun untuk kegiatan setiap ormas tersebut. Pencairan dilakukan setelah keluar surat keputusan (SK) Bupati. Teknisnya, ada pengajuan proposal dari masing-masing ormas dan LSM kepada Kesbangpolinmas. Proposal itu kemudian diajukan Kesbangpolinmas Bandung Barat kepada Bupati untuk menunggu keluar SK agar pencairan dana bisa dilakukan. "Kami hanya memfasilitasi. Kalau pencairan tetap ke Dinas Pendapatan," sambungnya.

    Galih menuturkan total dana hibah untuk ormas Islam tahun ini mencapai sekitar Rp 700 juta. Sementara secara keseluruhan, total danah hibah untuk semua ormas dan LSM mencapai Rp 4,4 miliar. Selain dana hibah untuk ormas, dia menambahkan, Kesbangpol juga menyalurkan dana hibah untuk partai politik. Dari total sekitar Rp 900 juta, sebesar Rp 488 juta telah disalurkan ke 11 partai politik dan sisanya akan dicairkan pada triwulan ketiga. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Fenomena Equinox Membuat Suhu Udara Lebih Panas
    165 Desa di KBB Ditargetkan Bisa Miliki Website
    Aksi Solidaritas terhadap Rohingya Terus Meluas
     Wisatawan ke KBB Minim akibat Infrastruktur Buruk
    Fraksi Hanura Tolak Pembangunan Gedung DPRD KBB
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018