web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pelaku Pengolah Makanan Kedaluwarsa Diringkus
    net

    Pelaku Pengolah Makanan Kedaluwarsa Diringkus

    JuaraNews, Sukabumi - Polres Sukabumi Kota berhasil membongkar jaringan  pengolah  jajanan makanan kedaluwarsa dalam bentuk permen karet. Gudang pengolahan yang di grebek tersebut berada di Jalan Benteng Tengah, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

    Kapolres Sukabumi Kota Rustam Mansur menyebutkan, pihaknya juga ikut mengamankan salah seorang tersangka pelaku pengolah makanan kedaluwarsa tersebut yakni SP (40). Selain itu juga turut disita ribuan butir permen karet dari berbagai jenis warna.

    “Satu pelaku berhasil kami amankan termasuk permen kedaluwarsa yang dikemas 34 dus warna putih dan 12 dus warna coklat dan satu karung bungkus plastik permen bekas,” ungkapnya Selasa (6/62017).

    Modus tindak kejahatan yang dilakukan SP ini dengan membuka kemasan lama permen bermerek tertentu yang diduga telah kedaluwarsa. Kemudian mengolah kembali dengan memasukan kedalam lemari es. Permen yang telah kadaluwara diproses pembekuan selama  12 jam agar tidak meleleh didalam lemari es lalu dikemas lagi dalam bentuk merek  baru.

    “Pelaku mengaku produknya hanya didistribusikan disekitar tempat tinggalnya. Tapi kami masih terus melakukan pengembangan,” kata dia.

    Dia mengatakan pelaku tidak hanya akan dijerat UU No 18\2012 tentang Pangan. Tapi menjerat UU No 8 \1999 tentang  Perlindungan Konsumen. Pelaku akan dikenakan pidana penjara paling lama 5 tahun atau didenda paling banyak Rp2 miliar. “Sedangkan berdasarkan UU Pangan, pelaku dijerat kurungan penjara lima tahun atau denda Rp 10 miliar,” sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tiap Tahun, Pemprov Jabar Perbaiki 20 Ribu Rumah
    27,77 Juta Orang Masih di Bawah Garis Kemiskinan
    BIJB Kertajati Jadi Pusat Angkutan Logistik
    Jabar Siaga Darurat Bencana Banjir dan Longsor
    Kemenko PMK Kenalkan Sisnas Pemantauan Kekerasan
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Jumat (10/11/2017) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Advertisement On Google