web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Yas Mall, Berdiri di Atas Pulau Buatan

    Yas Mall, Berdiri di Atas Pulau Buatan

    JuaraNews – Dari sekian banyak mal di seluruh dunia, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) memiliki supermal futuristik, Yas Mall. Mal baru itu berdiri di atas pulau buatan dengan ukuran 235.000 meter persegi yang ditargetkan bisa menyedot 20.000 pengunjung/tahun.

    Dengan 400 toko di atas lahan seluas 726.000 meter persegi, Yas Mall menjadi mal terbesar kedua di UEA. CEO Aldar Properties Mohammed Khalifa Al Mubarak yang mengerjakan proyek tersebut, berharap mal ini akan mengikuti kesuksesan mal lain, seperti Dubai Mall.

    ”Dalam 5 tahun terakhir, perkembangan Dubai Mall dan Mall of Emirates sangat luar biasa dan menjadi tujuan wisata. Abu Dhabi tidak mempunyai tujuan wisata semacam itu. Kita perlu itu, dan Yas Mall diharapkan memenuhi kebutuhan itu,” kata Al Mubarak.

    Yas Mall memiliki desain futuristik. Mal ini memberikan sentuhan dunia lain, seperti bukan di dunia manusia umumnya. Desain futuristik itulah yang menjadikan Yas Mall diprediksi bakal menarik banyak pengunjung.  

    Pusat perbelanjaan mewah itu merupakan bangunan terbaru di Pulau Yas. Pulau seharga USD40 miliar atau Rp4,739 triliun yang sengaja dibuat sebagai destinasi liburan di pantai Abu Dhabi. Pulau ini dibuka pada 2009 silam dan mempunyai sikuit Formula One, taman air, dan ”Dunia Ferari” dengan roller coaster tercepat di dunia. Pada tahun lalu, Abu Dhabi menempati urutan 18 di dunia dalam hal tempat belanja baru.

    Mubarak mengatakan, Abu Dhabi adalah kota berkembang. Untuk mengikuti perkembangannya, Aldar Properties telah berutang USD3,7 miliar atau Rp43,86 triliun. Aldar juga telah berafiliasi dengan perusahaan saingannya Sorouh Real Estate. ”Dalam tahun-tahun terakhir, kami meluncurkan dua proyek besar yang telah terjual habis. Kami berkembang secara dewasa dan profesional,” katanya.

    Nantinya, Yas Mall akan bersaing dengan Dubai Mall yang dibuka sejak 2008 silam. Jutaan wisatawan dari seluruh dunia berkunjung ke supermal dengan 600 toko dan 22 bioskop tersebut.

    Yas Mall dibangun di Pulau Yas yang dikenal sebagai pulau hasil reklamasi. Dinamakan Pulau Yas karena pulau itu berdekatan dengan Pulau Sir Bani Yas di Abu Dhabi. Pengembangan pulau itu dilakukan sejak 2006 oleh Aldar Properties. Mereka mengubah pulau itu menjadi kawasan mewah dengan berbagai pusat hiburan dan perbelanjaan. Pembangunan pulau itu diperkirakan selesai pada 2018.

    Selain Pulau Yas, UAE juga memiliki proyek pulau reklamasi lainnya seperti Pulau Saadiyat seluas 27 km persegi dengan estimasi biaya senilai USD27 miliar atau Rp320,11 triliun. Ada juga Pulau Palm yang dibangun berbentuk pohon palm. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar
    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka
    Beruang Madu Masuk Rumah dan Main Piano
    Bergeun, Desa Yang Tak Boleh Dipotret
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.