web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Bronjong Sungai Jebol 35 Rumah Kebanjiran
    net

    Bronjong Sungai Jebol 35 Rumah Kebanjiran

    JuaraNews, Cimahi - Banjir menerjang puluhan rumah di Kampung Tegal Kawung RT 01/RW 08 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Banjir ini dikarenakan meluapnya air dari Sungai Cipageran karena tebing bronjong penahan tanggul di wilayah tersebut ambruk.

    Tebing bronjong yang ambruk itu setinggi 8 meter dengan lebar sekitar 5 meter. Material tebing menutup aliran sungai dan membuat tanggul jebol sehingga air melimpas ke permukiman warga yang berada di bawahnya.

    “Banjir ini dikarenakan tebing bronjong ambruk pada saat hujan besar turun. Ketinggian air pun mencapai antara 50 cm-1 meter,” kata salah seorang warga yang rumahnya ikut terendam Onih (51), Jumat (2/6/2017).

    Dia menyebutkan intensitas hujan memang sangat tinggi dan terjadi sejak Kamis (1/6/2017) siang. Hal itu yang membuat tebing bronjong itu tak kuat menahan derasnya air di Sungai Cipageran sehingga terjadi banjir tersebut.

    Lurah Cipageran Lilik Dwi Yulianto menyatakan, jumlah rumah yang tergenang tercatat milik 35 KK dengan jumlah jiwa 111 orang dan 11 bayi. "Tidak ada korban luka ataupun korban jiwa dalam peristiwa ini. Rumah-rumah warga hanya terendam air dengan taksiran kerugian sekitar Rp 50 juta lebih," sebutnya.

    Dia mengakui jika terjadinya longsor pada bronjong ini  memicu aliran air tertutup hingga melimpas ke rumah warga dan pesawahan. Selain lokasi tersebut, masih banyak titik rawan bencana di Kelurahan Cipageran yang rawan terjadi banjir. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Cak Min Usulkan Moratorium Pasar Modern
     16 Tahun, Kota Cimahi Masih Terus Berbenah Diri
    Tim Terpadu Kota Cimahi Waspada Parcel Kedaluwarsa
    PPP Beri Sinyal Dukung Emil di Pilgub Jabar
    Konsumsi Air PDAM Selama Puasa Naik 10%
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      AWAL Ramadan 143 Hijriah jatuh pada Jumat (26/5/2017) malam. Dengan demikian, Sabtu (27/5/2017) umat Islam di Indonesia sudah mulai berpuasa.

      Pilwalkot Bandung