web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Tebang Pohon Jati Milik Perhutani 6 Warga Dibekuk
    net

    Tebang Pohon Jati Milik Perhutani 6 Warga Dibekuk

    JuaraNews, Ciamis – Enam pelaku illegal loging kawasan hutan jati  milik Perhutani di Desa Purbahayu, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, dibekuk oleh petugas Polres Ciamis. Dari tangan pelaku petugas juga ikut mengamankan sebanyak 17 batang pohon jati sebagai barang bukti.

    Paur Humas Polres Ciamis Iis Yeni Idaningsih mengatakan selain menangkap enam pelaku yang seluruhnya warga Pangandaran, pihaknya juga masih memburu seorang pelaku lainnya. “Enam pelaku itu adalah AT, IW, SI, SA, Il, dan HO. Sementara seorang lagi masih diburu dan masuk dalam daftar pencarian orang,” tututnya.

    Terungkapnya kasus penebangan liar ini, berkat peran aktif masyarakat yang mencurigai adanya penebangan di kawasan hutan Petak 50 D. Dari laporan tersebut, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan dan menangkap dua tersangka. 

    Kemudian dari pengembangan dua tersangka yang ditangkap itu akhirnya empat lainnya berhasil ditangkap. Selain kayu jati, dari tangan tersangka juga diamankan gergaji mesin, sepedamotor dan truk. "Mereka bakal dijerat dengan  Pasal 12 UU Nomor 18 tahun 2013  tentang Pencegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,” sebutnya.

    Asper Perhutani BKPH Pangandaran Gandjar mengungkapkan, pelaku diringkus ketika sedang memuat kayu hasil curiannya ke atas truk pengangkut. "Setelah dilakukan pengintaian ternyata ada penebangan liar. Kami langsung koordinasi dengan pihak kepolisian dan berhasil menangkap mereka,” ucapnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kapolda Jabar Digugat Orang Tua Calon Taruna Akpol
    Zakat Warga Jabar mencapai Rp236 Miliar
    Aher Imbau Warga Jabar Budayakan Sedekah
    Selama Ramadan dan Lebaran, Jabar Kondusif
    Idul Fitri 2017 Jatuh pada Minggu (25/6/2017)
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.