web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    11 Hal Unik Tentang Bangsa Viking

    11 Hal Unik Tentang Bangsa Viking

    JuaraNews – Banyak hal dikaitkan dengan bangsa Viking yang mendiami kawasan Skandinavia (Norwegia, Swedia, dan Denmark), seperti, jenggot panjang, pirang, pelaut, petarung, helm bertanduk, dan pedang besi besar.

    Namun sebagian besar hal itu baru sebatas stigma atau prasangka tentang Viking. Sebab, sejatinya peradaban Viking jauh lebih maju dibanding yang dibayangkan orang selama ini. Bahkan, Viking lebih maju dibanding orang-orang Eropa di abad pertengahan, tahun 800 sampai 1066.

    Setidaknya ada sebelas hal yang terungkap dari hasil penelitian para arkeolog untuk mengungkap jati diri bangsa Viking.

    1. Viking tak mengenakan helm bertanduk seperti yang populer selama ini. Mereka hanya mengenakan helm besi penutup kepala dengan terdapat bagian pelindung hidung.

    2. Masyarakat Viking menyukai kebersihan. Orang Viking, baik pria maupun perempuan, rajin menyisir rambut dan membersihkannya dari kutu. Bahkan mereka telah mengenal pisau cukur. Fakta ini terungkap setelah arkeolog menemukan makam kuno bangsa Viking. Di dalam makam itu terdapat pisau cukur dan sisir.

    3. Berdasarkan penelitian, orang Viking punya kebiasaan mandi seminggu sekali, meski di musim dingin sekalipun. Sementera, bangsa Eropa lainnya kala itu tak memiliki kebiasaan mandi. Bangsa Eropa yang sezaman dengan Viking justru menganggap mandi bisa menimbulkan penyakit. Karena itu mereka tak pernah mandi walau sekali seumur hidup pun.

    4. Bangsa Viking membuat korek api dari serat kulit kayu. Dengan korek api ini, mereka mudah membuat api meski di atas kapal atau perahu.

    5. Perahu atau kapal merupakan benda suci bagi bangsa Viking. Mereka percaya, arwah bisa langsung menuju ke dunia lain dengan menaiki perahu itu. Karenanya, tak jarang di makam Viking ditemukan perahu. Selain itu, mereka menguburkan benda-benda berharga milik mendiang. Budaya seperti ini mirip tradisi Mesir Kuno di masa kekuasaan Firaun.

    6. Viking telah mengenal perbudakan. Ketika mereka menyerbu perkampungan Slavic, Celtic, dan Anglo-Saxon, bangsa Viking kerap membawa orang untuk dijadikan budak. Budak-budak itu kadang dijual di pasar budak antara Asia dan Eropa.

    7. Sebagian besar kaum perempuan Viking menikah pada usia 12 tahun.

    8. Meski hanya mengurus pekerjaan rumah tangga, tapi kaum Hawa Viking memiliki hak dan kebebasan seperti pria. Mereka berhak mendapatkan harta warisan, pengakuan sebagai pemilik lahan, dan menggugat cerai. Bahkan mereka boleh maju di medan pertempuran. Hak-hak seperti ini tak dimiliki oleh perempuan Eropa pada masa itu.

    9. Walaupun Viking terkenal sebagai bangsa petarung dan gemar berperang, tetapi faktanya sebagian besar masyarakat Viking adalah petani.

    10. Bangsa Viking menggunakan alat seluncur salju sebagai metode transportasi paling efisien.

    11. Kaum pria Viking senang berambut pirang. Lelaki Viking yang memiliki rambut lebih gelap akan berusaha membuat rambut mereka jadi lebih terang. Sebagian besar Viking mewarnai rambut dan jenggot mereka. (*)

     

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar
    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka
    Beruang Madu Masuk Rumah dan Main Piano
    Bergeun, Desa Yang Tak Boleh Dipotret
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.