web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Nodosaurus, Hewan Berduri 110 Juta Tahun Lampau

    Nodosaurus, Hewan Berduri 110 Juta Tahun Lampau

    JuaraNews – Pada 2011, pekerja tambang di Perusahaan Suncor Energy menemukan fosil Nodosaurus berusia 110 juta tahun lampau di Alberta, Kanada. Sekujur tubuh makhluk purba itu, dari ujung ekor hingga kepala, dipenuhi duri.

    Enam tahun setelah penemuan, pengelola Royal Tyrrell Museum di Alberta, Kanada memamerkan fosil yang diberinama nama Suncor Nodosaurus tersebut kepada masyarakat dalam program Grounds for Discovery. Para ahli merekonstruksi potongan tubuh Nodosaurus yang telah membatu dan hancur berkeping-keping itu.

    Ilmuwan memastikan, Suncor Nodosaur adalah spesies baru dari keluarga Nodosaurid, yang merupakan pemangsa dengan tubuh diselimuti kulit tebal berduri. Hewan ini hidup selama periode Cretaceous atau seitar 110 juta tahun lampau.

    Fosil ini ditemukan sekitar pukul 13.30 waktu setempat pada 21 Maret 2011 oleh Shawn Funk, seorang pekerja diperusahaan tambang Suncor Energy. Saat melakukan penggalian, Shawn menemukan potongan tubuh purba di sekitar 19 mil sebelah utara Fort McMurray.

    Dua hari setelah penemuan, ilmuwan dari Royal Tyrrell Museum Donald Henderson dan Darren Tanke datang ke kawasan tambang Suncor Energy. Semula Donald dan Darren mengira fosil yang ditemukan oleh Shawn adalah sejenis reptil laut.

    Ternyata, fosil yang ditemukan Shawn merupakan fosil dinosaurus yang hidup di darat. Baru pertama kali ini ditemukan fosil dinosaurus di bawah tanah dengan kandungan minyak tinggi. Suncor Nodosaurus diperkirakan memiliki panjang 18 kaki atau sekitar 6 meter dan bobot tubuh mencapai 3.000 pound atau sekitar 1.360 kilogram.

    Meski fosil yang terawetkan oleh alam ini hanya bagian kepala hingga punggung, namun Suncor Nodosaurus satu-satunya fosil Nodosaurid terbaik yang pernah ditemukan. Hewan pemangsa yang diduga kuat sebagai nenek moyang buaya tersebut mati akibat hanyut di sungai lalu terkubur di dasar laut.

    Kandung mineral tinggi dalam tanah tersebut mengawetkan sebagian besar tubuh Suncor Nodosaurus. Terdapat pula fosil plankton dan makhluk laut yang berasal dari Periode Cretaceous.

    “Fosil Suncor Nodosaurus ini merupakan penemuan menakjubkan, menggambarkan lingkungan berbeda antara 110 juta tahun lampau dengan masa sekarang,” kata Dr Victoria Arbour dari Canada’s Royal Ontario Museum. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Gara-gara Jerawat, Pria Ini Nyaris Tewas
    Putri Miliarder Inggris Jadi Gelandangan di Milan
    Kimlan, Sarjana Tertua di Thailand
    Misteri Tulang Merah Bangsa Maya Terkuak
    Kecepatan Motor Ack Attack Kalahkan Roket NASA
    Berita Terdahulu

    Editorial