web stats service from statcounter

Hot News

  • PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    PersiTantan Terancam Absen lawan Persegres
    • 16 Agustus 2017 | 18:07:00 WIB

    STRIKER Persib Tantan masih belum terlihat berlatih dengan tim Maung Bandung pada sesi latihan kedua di Lapangan Lodaya, Rabu (16/8/2017).

Inspirasi

    Dokumen Perang Sipil AS Dibandrol Rp2 M

    Dokumen Perang Sipil AS Dibandrol Rp2 M

    JuaraNews – Perang Sipil Amerika yang menjadi tonggak sejarah berdirinya negara Amerika Serikat merupakan catatan kelam sekaligus gemilang. Tak hanya benda yang terkait langsung dengan peristiwa bersejarah bagi bangsa Amerika itu sangat berharga.

    Seperti dokumen asli yang ditandatangani Presiden Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln dan seluruh pemimpin Union pada 13 Juni 1861. Dokumen ini akan dijual oleh dealer benda bersejarah Raab Collection. Dia menawarkan harga USD150.000 atau setara Rp2 miliar.

    Naskah bersejarah itu diyakini sebagai satu-satunya surat yang memiliki tanda tangan para pejabat militer, pemimpin politik, dan warga sipil pada era Lincoln. Pada masa Perang Sipil, dokumen tersebut pernah dijual untuk membantu Komisi Sanitasi Amerika Serikat (lembaga yang mendapat dukungan dana dari swasta untuk membantu tentara serikat yang sakit dan cedera).Komisi ini tak menerima dana federal meskipun menjadi bagian Departemen Perang dan Biro Kesehatan.

    Isi surat ini termasuk gambar tulisan tangan berbentuk roket dan bendera dikelilingi seekor elang dan 34 bintang yang mewakili semua negara bagian, juga termasuk 11 negara bagian Konfederasi yang memerangi Union.

    Tanda tangan orang terkenal lainnya termasuk Jenderal Robert Anderson yang memimpin pasukan Union pada pertempuran pertama dalam Perang Sipil di Fort Sumter. William H Seward juga termasuk pejabat yang ikut menandatangani dokumen tersebut.

    Raab Collection berencana mendonasikan uang sebesar USD15.000 (Rp200 juta) untuk melanjutkan pengembangan Rumah Yayasan Fisher yang menyediakan tempat tinggal bagi veteran militer dan keluarganya, serta memberikan perawatan dan pemulihan veteran di Amerika Serikat dan Eropa.

    “Adalah baik untuk berpikir bahwa dokumen ini akan berperan penting dalam membantu tentara yang cedera dua kali selama lebih dari 150 tahun,” ungkap Nathan Raab, salah satu ketua yayasan, dikutip UPI.

    Pada awal bulan ini Raab juga menjual sepucuk surat yang ditulis Alexander Hamilton senilai USD170.000 (Rp2,2 miliar). Pada Januari surat Hamilton lainnya terjual senilai USD2,6 juta (Rp34,6 miliar). (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Suami Paksa Aborsi 4 Kali, Istri Tewas
    Pelari Ini Menang Adu Cepat Lawan Jet Tempur
    Gara-gara Meme, Winnie the Pooh Disensor
    Perempuan Ini Hancurkan Karya Seni Rp2,6 M
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Berita Terdahulu