web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemda KBB Kesulitan Data Penyandang Disabilitas
    net

    Pemda KBB Kesulitan Data Penyandang Disabilitas

    JuaraNews, Bandung Barat – Pemkab Bandung Barat kesulitan melakukan pendapatan penyandang disabilitas yang ada di wilayahnya. Padahal data itu sangat diperlukan karena Pemkab Bandung Barat akan memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas berat sebesar Rp 3,6 juta per tahun.

    "Data penyandang disabilitas di KBB ini masih sulit karena biasanya masyarakat yang ada anggota keluarganya menderita disabilitas berat kerap tertutup,” terang Kepala Dinas Sosial Pemkab Bandung Barat Heri Partomo, Rabu (31/5/2017).

    Heri mengatakan pendataan penyandang disabilitas dilakukan melalui petugas pekerja sosial masyarakat (PSM) dan tenaga kerja sosial kecamatan (TKSK). Mereka melaporkan keberadaan penyandang disabilitas berat untuk kemudian diberi bantuan tersebut.

    Saat ini ada sekitar 300 orang tenaga PSM yang tersebar di setiap desa di KBB. Mereka memiliki peran untuk menanggulangi berbagai persoalan sosial melalui program-program pemerintah.

    Rata-rata di setiap desa ada 2 orang PSM yang dikoordinir oleh TKSK. Mereka berperan membantu pemerintah dalam menanggulangi persoalan sosial di masyarakat. 

    Guna mengatasi tertutupnya penderita atau keluarga dari lingkungan mereka, pihaknya bekerja sama dengan lembaga Rehabilitasi Berbasis Masyarakat KBB. Lembaga tersebut memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendidikan tak hanya bagi para penyandang disabilitas tetapi juga bagi keluarga mereka.

    “Kami sangat membutuhkan data yang akurat agar bantuan yang kami alokasikan nantinya bisa tepat sasaran,” imbuh Heri. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    H-4, 30.000 Pemudik Motor Melintasi Padalarang
    Dinkes Siapkan 5 Posko Kesehatan di Jalur Mudik
    Sekap 2 Sekuriti, Perampok Bawa Kabur Mobil Boks
    SOTK Baru, Pemda KBB Harus Tambah Mobil Dinas
    Dana Hibah Ormas/LSM di KBB Cair Sebelum Lebaran
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.