web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Di India Ada Ambulans Khusus Sapi

    Di India Ada Ambulans Khusus Sapi

    JuaraNews – Bagi sebagian besar masyarakat India yang menganut Hindu, sapi merupakan hewan suci. Tak heran jika perlakuan umat Hindu kepada sapi sangat istimewa.

    Belum lama ini, Wakil Kepala Menteri Negara Bagian Uttar Pradesh Keshav Prasad Maurya menggagas program pengadaan ambulans khusus untuk sapi. Pengadaan ambulans didanai oleh Gau Vansh Raksha, sebuah organisasi non-pemerintah.

    Ambulans yang dilengkapi sirine dan seorang dokter hewan ini, dibuat eksklusif untuk menangani sapi-sapi terluka atau hendak melahirkan. Ini merupakan bagian dari serangkaian skema perlindungan terhadap sapi, hewan suci bagi pemeluk Hindu.

    Lima ambulans sapi telah diluncurkan pekan lalu. "Di India, ada mitos bahwa kami memiliki tiga ibu. Satu ibu yang melahirkan kita, satu yang merawat kita hingga beranjak dewasa -- yakni Bumi -- dan satunya lagi yang susunya membuat kita kuat: sapi," kata Wakil Presiden Gau Vansk Raksha, Sugandh Kumar.

    Sugandh mengatakan jasa ambulans terbaru telah menerima sekitar 200 panggilan dan mampu menangani hingga 25 sapi per hari. Sejak 20 tahun terakhir, Gau Vansh Raksha telah menjalankan jasa ambulans serupa untuk penarik becak dan pekerja di pedalaman.

    Sejak Perdana Menteri India Narendra Modi memenangkan Pemilu India pada 2014, Narendra mengampanyekan larangan membunuh sapi berskala nasional. Bulan lalu, negara bagian Gujarat menaikkan hukuman bagi pembunuh sapi menjadi penjara seumur hidup. Sedangkan di Chhattisgarh, siapapun yang tertangkap tangan membunuh sapi akan dihukum gantung. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Dunia Berlomba Buat Kapal Kargo Otonom
    Lahan Parkir di Hong Kong Laku Rp8,8 Miliar
    Indahnya Patung Pasir Karya Toshihiko Hosaka
    Beruang Madu Masuk Rumah dan Main Piano
    Bergeun, Desa Yang Tak Boleh Dipotret
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.